Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Diketahui Pelaku UMKM Sebelum "Go Digital"?

Kompas.com - 14/07/2019, 19:05 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital saat ini sudah merambah ke segala sisi kehidupan, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Karenanya, pelaku UMKM kini didorong untuk "go digital" supaya dapat mengembangkan bisnisnya lebih luas. Lalu, apa yang harus diketahui sebelum terjun ke sana?

Analis Senior Google Indonesia bagian Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Ryan Rahardjo mengatakan yang utama harus diketahui ialah ekosistem. Jika sudah paham, akan lebih baik dan mudah menjalankannya usaha ke depannya.

"Yang penting tahu dulu ekosistem digital seperti apa kalau harus go digital," kata Ryan di Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Pemahaman itulah yang diharapkan Ryan kepada pelaku UMKM di Indonesia sebelum merambah ke digital. Ini juga diberlakukan dalam program Gerakan Pelaku Usaha Rakyat Berbasis Digital (Gapura Digital) yang digagas Google selama ini.

"Ketika UMKM sudah sudah go digital growth-nya bisa 80 persen," sebutnya.

Dia mengungkapkan, para pelaku yang sudah go digital, bisnis yang dijalan akan lebih mudah dan cepat dikenal publik lawat platform digital, seperti Google.

Sebab, platform digital dinilai ampuh memasarkan produk/jasa dari pelaku UMKM secara lebih luas.

"Karena ketika masuk digital kalian bisa nge-track (menelusuri), ada analisa tools yang nge-klik website dari mana misalnya. Jadi ada analytical tools supaya lebih inovatif dan berkembang terus menerus," imbuhnya.

Supaya lebih bisa bersaing, Ryan berharap pelaku UMKM bisa terus mengembangkan usahanya secara daring salah satunya lewat Gapura Digital dengan mengikuti tiga kelas yang buka. 

Di antaranya kelas basic, kelas intermediet, dan kelas edvance.

"Ketika teman-teman masuk kelas dikasih tahu gimana caranya masuk google bisnisku atau yang lainnya," tuturnya.

Adanya wadah pelatihan dan pembekalan yang diberikan diharapkan mampu mendorong UMKM lebih mandiri. Khususnya ketika susah naik kelas.

Pemerintah kini terus mendorong UMKM untuk go digital atau naik kelas, bahkan angkanya mencapai depan juta untuk tahun ini.

Ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi penjualan barang atau jasa yang ditawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com