Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Nycta Gina Buka Usaha Meskipun Punya Banyak Kegiatan

Kompas.com - 14/07/2019, 20:31 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang punya alasan kuat ketika memutuskan  memulai sebuah usaha. Begitu juga dengan aktris Rizna Nyctagina atau akrap disapa Nycta Gina.

Kini, Nycta Gina sedang menggeluti usaha dan mengembangkan bisnis online hijab miliknya.

"Aku pribadi tak tinggalkan dunia entertainment. Sekolah ku dokter masih berprofesi sebagai dokter. Aku juga sudah nikah tapi pingin punya duit sendiri," kata Nycta Gina dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Nycta menuturkan, pekerjaan yang selama ini dilakukan membuatnya harus datang ke tempat kerja dan meninggalkan anaknya. Baik sebagai peyiar maupun praktik sebagai dokter.

Baca: 4 Kunci Sukses Merintis Bisnis Event Organizer

Sajak memutuskan berhijab beberapa waktu lalu, ia mulai berpikir membuka usaha hijap. Yang notabe pakaian tersebut kerap dikenakan.

"Ketika sudah berhijab mikir harus punya usaha sendiri, akhirnya kepikiran usaha hijab. Aku benar-benar mengerjakan dari proses produksi sampai pemasaran," ungkapnya.

"Sekarang sudah tiga tahun, pemasukannya alhamdulillah dan aku bisa kerja dari rumah," tambah perempuan yang juga dikenal Jeng Kelin ini.

Dalam menjalankan bisnis hijabnya, Nycta hanya melayani pembelian dan pemesanan lewat online saja. Tidak bisa dilakukan secara konvensional karena tidak membuka toko.

Hal ini dilakukannya sesuai dengan perkembangan zaman di era milenial. Jika ada toko fisik akan lebih banyak membutuhkan biaya.

"Enggak kepikiran punya offline store karena harus bayar tempat sewa, listrik, pajak dan lain-lain. Jadi untuk memulai pertama kali di Jakarta, kayaknya berat modalnya. Kalau online kan nothing to lose enggak sebesar kalau offline," jelasnya.

"Orang-orang, termasuk aku belanjanya lewat online dan merasakan itu memudahkan," sambungnya.

Dikatakan Nycta, membangun usaha tak semudah dilihat dan dibayangkan. Beragam tantangan pernah ia rasakan, mulai belum tahu siapa pembeli, ditipu dan lainnya.

Namun ia bersyukur karena dirinya sudah lumayan dikenal publik. Sehingga produk hijab miliknya pelan-pelan dikenal dan dibeli.

"Tapi uda lumayan dikenal masyarakat link-nya jadi lumayan lebih gampang. Karena memang penjual harus terpercaya kualitas produknya juga. Terus harus fast response. Salah satu pemasaran juga teman-teman sesama selebriti, hijab sselebgram," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com