KILAS

Kartu Tani, Upaya Kementan agar Subsidi Pupuk Tepat Sasaran

Kompas.com - 15/07/2019, 07:09 WIB
|

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mendorong sejumlah daerah untuk segera merampungkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi.

Hal tersebut dibutuhkan Kementan yang ingin menghadirkan kartu tani. Nantinya, kartu ini dijadikan sebagai syarat mendapatkan beragam bantuan pemerintah seperti pupuk subsidi.

"Lewat Kartu Tani, program pupuk bersubsidi dapat diterima petani kecil yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan," ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, sesuai rilis yang Kompas.com terima, Minggu (14/7/2019).

Dengan rampungnya RDKK, lanjut Sarwo, pemerintah dapat mengetahui dengan tepat data petani dan jumlah pupuk yang dibutuhkan sekaligus memperlancar proses distribusinya.

“Perbaikan sistem dan validasi e-RDKK terus dilakukan untuk menyempurnakan kartu tani,” ucap dia.

Menilik cara kerjanya, petani yang memiliki kartu tani dapat membeli pupuk bersubsidi di kios resmi yang sudah ditentukan. Tak hanya itu, kartu tani juga dapat digunakan untuk meminjam modal di salah satu bank milik pemerintah.

Hanya saja, Sarwo mengingatkan jika kartu tani tidak dapat diuangkan.

"Distribusi pupuk bergantung pada kuota yang berdasarkan luas lahan yang dimiliki setiap petani, sehingga petani tidak dapat membeli melebihi kebutuhannya," ucap Sarwo.

Lebih jauh Sarwo menjelaskan, jika program kartu tani telah diterapkan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tercatat, sudah ada 80.000 petani di wilayah tersebut yang sudah memiliki Kartu Tani.

"Ke depannya tidak sembarang orang dapat membeli pupuk subsidi. Namun jika tidak memiliki kartu tani namun sudah terdata di RDKK,  petani boleh membelinya," tutup Sarwo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.