Menguat, Rupiah Kembali ke Kisaran 13.900

Kompas.com - 15/07/2019, 09:31 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar ASTHINKSTOCKS Ilustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Senin (15/7/2019) pagi ini kembali menguat ke kisaran 13.900. Penguatan ini ditopang sentimen positif dari eksternal dan internal.

Di pasar spot, seperti dikutip dari data Bloomberg, pukul 09.15 WIB rupiah berada di level Rp 13.970 per dollar AS. Posisi ini menguat 0,27 persen dibandingkan penutupan akhir pekan lalu pada level 14.008.

Sentimen positif dari internal dengan adanya pertemuan Joko Widodo dengan Prabowo Subianto. Seperti dikutip dari Kontan.co.id, ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa faktor pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto turut menjadi sentimen positif untuk memperkuat kembali posisi rupiah di awal pekan ini.

Baca juga: Jokowi-Prabowo Bertemu, Rupiah Diprediksi Lanjutkan Penguatan

"Rekonsiliasai antara peserta pilpres mampu memperbaiki stabilitas politik kita yang diharapkan juga mendorong stabilitas perekonomian kita," kata dia.

Sementara dari faktor eksternal, rupiah ditopang oleh isu The Fed yang akan memangkas suku bunganya. Hal ini membuat suku bunga di negara-neraga non-Amerika Serikat termasuk Indonesia menjadi lebih menarik bagi para investor.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X