Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Harga Tiket Turun, AP I Siapkan Cashback untuk Maskapai

Kompas.com - 16/07/2019, 06:08 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I tengah mematangkan insentif untuk maskapai penerbangan sebagai upaya untuk mendukung turunnya harga tiket pesawat.

Direktur Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, insentif tersebut bisa berupa pemotongan harga atau diskon.

“Teknisnya kemarin disepakati mungkin nanti dalam bentuk pemberian semacam pemotongan atau cashback yang kita sepakati. Prinsipnya kita akan berikan,” kata dia di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Tiket Diskon 50 Persen, Ini Syarat Citilink Bagi Pembeli

Seperti diberitakan, maskapai penerbangan berbiaya murah sudah disepakati pemberian diskon hingga 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB.

“Di penerbangan sesuai ketentuan itu kami berikan insentif khusus dalam bentuk uang yang nanti mengkompensasi apa yang dikeluarkan maskapai,” ucapnya.

Dia menyebut, mekanisme pemberian insentif itu masih didikusikan, termasuk dengan operator bandara pesaing, yakni PT Angkasa Pura II.

Baca juga: Merugi, Sriwijaya Tutup 6 Rute Penerbangan

“Ini masih dalam pembahasan mekanisme. Tapi, prinsipnya akan diberikan. Masalah teknisnya saja bisa diserahkan ke masing-masing institusi,” katanya.

Meskipun insentif dari sisi biaya di bandara tidak begitu signifikan, yakni hanya di bawah satu persen dari biaya operasional maskapai, Faik mengaku pihaknya sepakat untuk menciptakan bisnis penerbangan yang sehat.

“Ini lebih kepada komitmen kami untuk mendukung. Kita kan ingin ciptakan industri aviasi yang sehat, jadi kami sepakat dukung, tapi proporsional,” katanya.

Baca juga: Pemerintah: Lion Air Belum Menurunkan Harga Tiket Pesawat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com