Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Luhut Tak Hadir di Pertemuan Jokowi dan Prabowo?

Kompas.com - 16/07/2019, 13:35 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan diketahui tak hadir saat Presiden Joko Widodo dan rivalnya di Pilpres 2019 Prabowo Subianto bertemu pada Sabtu (13/7/2019) lalu.

Padahal, biasanya Luhut kerap mendampingi Jokowi saat bertemu Prabowo. Misalnya saat Jokowi bertandang ke kediaman Prabowo di Hambalang pada 31 Oktober 2016 lalu.

Kedekatan Luhut dengan Prabowo membuatnya dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk ikut dalam pertemuan penting itu. Keakraban Luhut dan Prabowo pun membuat suasana pertemuan yang membahas topik serius tetap berlangsung cair.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo Bikin Sejuk Pelaku Industri Keuangan

Bahkan, usai pertemuan, Jokowi dan Prabowo menunggang kuda bersama untuk menunjukkan kekakraban di hadapan publik. Pertemuan itu sendiri terjadi saat situasi Indonesia tengah panas.

Pemicunya adalah pernyataan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama, yang dianggap menodai agama.

Lantas, mengapa Luhut tak mendampingi Jokowi bertemu Prabowo pada akhir pekan lalu itu?

“Memang kepentingan saya hadir (di pertemuan Jokowi dan Prabowo) apa? Sudah bagus yang dibuat itu,” ujar Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, Sinyal Positif Bagi Rupiah dan Investasi

Luhut menilai pertemuan tersebut bisa terlaksana karena kerjasama semua pihak. Pertemuan itu bisa terjadi bukan karena faktor individu.

“Saya kira itu kan kerjaan tim, bukan kerjaan satu orang. Kenapa mesti tampil-tampil,” kata Luhut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan rivalnya di Pilpres 2019 Prabowo Subianto akhirnya bertemu. Pertemuan terjadi di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua TKN Erick Tohir.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo dan Pidato Visi Indonesia Bikin Rupiah Menguat

Pramono sempat menyebut Budi Gunawan sebagai Kepala BIN ikut berperan dalam menjembatani pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Pak Budi Gunawan ini kan Kepala BIN. Beliau bekerja tanpa ada suara. Dan alhamdulillah apa yang dikerjakan hari ini tercapai," kata Pramono di FX Sudirman seusai pertemuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com