Ini Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Milenial

Kompas.com - 16/07/2019, 16:58 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih produk asuransi tidak bisa sembarangan. Biasanya, pemilihan produk asuransi harus disesuaikan dengan kemampuan finansial seseorang dan kebutuhannya.

Terlebih bagi milenial. Milenial kerap menyebut asuransi merepotkan dan tidak penting. Padahal, produk asuransi yang salah pilihlah yang sebetulnya dirasa tidak penting. Untuk itu, simak cara ini agar Anda kaum milenial tak salah pilih produk asuransi.

1. Besaran Premi

Premi asuransi adalah total pembayaran yang dikenakan industri asuransi kepada pemilik poli yang biasanya dibayar per tahun maupun per bulan. Jika Anda hendak memilih produk asuransi, usahakan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Baca: Peluang Pertumbuhan Produk Asuransi Milenial Masih Besar

Presiden Direktur dan CEO Sequis Life Tatang Widjaja mengatakan, biasanya milenial akan memiliki premi asuransi yang sesuai dengan kantongnya. Artinya, tidak memilih asuransi yang mahal tapi lebih memilih asuransi yang terjangkau.

"Milenial itu butuh asuransi yang bisa memproteksi dirinya. Tapi, asuransi itu harus mampu dijangkau oleh milenial dalam segi premi maupun desainnya. Sehingga asuransi ini mampu memberikan proteksi maksimal di usia dini," kata Tatang Widjaja di Jakarta, Senin (16/7/2019).

Untuk memilih asuransi yang sesuai, perhatikan juga desain dalam produk asuransi tersebut. Milenial bisa memilih asuransi yang memang dikhususkan untuk kalangannya. Asuransi yang bisa diakses melalui digital secara online pun bisa menjadi pilihan milenial untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan juga pemilihan asuransi dengan kebutuhan Anda. Bila Anda ingin proteksi kesehatan, pergunakanlah asuransi kesehatan. Begitu pun asuransi jiwa dan asuransi lainnya.

Bila Anda menginginkan asuransi lebih dari 1 proteksi, pilihlah asuransi yang menyediakan berbagai proteksi dalam satu bentuk. Saat ini, kata Tatang, banyak industri asuransi yang menyediakan program bundling.

Jadi milenial, perhatikan 2 hal di atas untuk memilih asuransi yang Anda inginkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X