Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Pra-Kerja Jokowi, Berapa Anggarannya?

Kompas.com - 16/07/2019, 18:25 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ternyata sudah membuat hitung-hitungan anggaran untuk program Presiden Jokowi di periode keduanya. Salah satunya yakni program kartu pra kerja

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengungkapkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menyodorkan rencana anggaran kartu pra kerja ke Presiden.

"Itu Ibu baru sampaikan rencananya ke Presiden kemarin (di rapat terbatas)," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Lantas berapa anggaran awal program kartu pra kerja yang disampaikan ke Presiden? Askolani menyebut angkanya sekitar Rp 10 triliun.

Nantinya anggaran itu akan masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Itu artinya, program tersebut bisa terealisasi tahun depan.

Presiden ucap Askolani, sudah memberikan arahan kepada Menteri Keuangan terkait program andalan Jokowi di periode keduanya sebagai Presiden.

"Nah mekanismenya sekarang kita lagi detailkan dengan kementerian dan lembaga untuk kemudian kami bisa finalkan nanti disampailan di pidato Presiden di nota keuangan, tetapi ini rencana awal sudah ada," kata dia.

"Ini lintas kementerian, bisa Kemenaker, Dikbud dan Dikti makanya kami masih konsolidasi dulu, tetapi ancang-ancangnya kami sudah ada, itu nanti akan disampaikan di nota keuangan," sambung Askolani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com