BUMN Ini Ekspor Produk Kopinya ke Eropa Hingga AS

Kompas.com - 17/07/2019, 09:26 WIB
.Getty Images/iStockphoto .

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mendengar BUMN memproduksi kopi? Barangkali tak banyak yang tahu akan hal ini. Namun ternyata ada BUMN yang memproduksi kopi Arabica.

Bahkan kopi produknya sudah diekspor ke berbagai negara mulai dari Arab Saudi, negara-negara di Eropa hingga ke Amerika Serikat.

Produknya dikenal dengan Java Coffee Jampit, Java Coffee Blawan, Java Coffee Kayumas, dan Java Coffee Pancoer.

BUMN yang memproduksi kopi tersebut adalah PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Sayangnya produksi kopi ini belum menjadi fokus bisnis perseroan.

Dalam kunjungan ke perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PTPN XII, Menteri BUMN Rini Soemarno meminta agar produksi kopi tersebut ditingkatkan.

“Ini yang saya tekankan ke PTPN XII bisa mengonsentrasikan tanaman kopi ini. Karena kopi ini diminati secara internasional," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Kebun Kalisat Jampit milik PTPN XII ini mampu memproduksi 1.000 ton Kopi Arabika per tahun.

Rini meminta manajemen PTPN XII untuk meningkatkan kualitas kopi produksinya. Hal ini dinilai penting agar kopi asal Indonesia bisa menjadi primadona di pasar internasional.

Ia juga mengingatkan PTPN XII untuk turut mensejahterakan para petani kopi sebagai bentuk penghargaan atas upaya memproduksi kopi yang berkualitas.

“Itu satu hal yang harus dihargai. Karena memilih kopi yang tepat menjadikan harga yang kompetitif,” jelasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X