BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,75 Persen

Kompas.com - 18/07/2019, 14:41 WIB
Jajaran Dewan Gubernur Bank Indonesia ketika melakukan konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Kamis (18/7/2019). MUTIA FAUZIAJajaran Dewan Gubernur Bank Indonesia ketika melakukan konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) setelah sejak November 2018 menahakn suku bunga di level 6 persen, kini memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan tersebut didasarkan pada rendahnya perkiraan inflasi ke depan, juga menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Setelah memertimbangkan berbagai assessment dan perkirakan tersebut, baik global maupun doemstik, Rapat Dewan Gubernur BI pada tanggal 17 dan 18 juli 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7 Days Reverse Repo Rate 25 bps menjadi 5,75 persen," ujar Perry di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, Rupiah menguat Tipis

Selain itu, BI juga menurunkan suku bunga depocit facility sebesar 25 bps menjadi 5 persen dan suku bunga lending facility sebesar 25 bps menjadi 6,5 persen. Perry mengatakan, di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun, stabilitas eksternal Indonesia tetap terkendali.

BI pun akan menjaga strategi oeprasi moneter yang diarahkan untuk memastikan ketersediaan likuiditas di pasar keuangan dengan memerkuat transmisi kebijakan moneter yang akomodatif.

Selain itu, kebijakan makroprudensian juga dijaga tetap akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit perbankan dan memperluas pembiayaan perekonomian melalui kebijakan sistem pembayaran dan pendalaman apsar keuangan.

"Ke depan BI memandang masih terbukanya ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif sejakan dengan rendahnya perkiraan inflasi dan mendorong momentum pertumbugan ekonomi lebih lanjut," ujar Perry.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X