KILAS

Genjot Ekspor Tanaman Hias, Kementan Permudah Izin Ekspor

Kompas.com - 18/07/2019, 18:20 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Suwandi mengatakan Kementan menjamin seluruh proses perizinan ini secara gratis dan cepat melalui jaringan online. Dok. Humas Kementan Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Suwandi mengatakan Kementan menjamin seluruh proses perizinan ini secara gratis dan cepat melalui jaringan online.

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian ( Kementan) terus mendorong investasi dan mempermudah proses pelayanan izin pengeluaran ekspor.  Hal ini dilakukan dalam upaya Kementan meningkatkan volume ekspor tanaman hias.

Melalui kebijakan tersebut, kini penerbitan surat izin ekspor sudah dapat diproses hanya dalam waktu tiga jam. Berbeda dari sebelumnya yang mencapai 300 jam.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Suwandi mengatakan Kementan menjamin seluruh proses perizinan ini secara gratis dan cepat melalui jaringan online.

“Kementan menerbitkan surat izin pengeluaran ekspor hanya dalam waktu tiga jam bagi dokumen yang clear and clean. Jadi cepat, mudah, serta prosesnya online selama dokumennya lengkap,” tegasnya melalui rilis tertulis, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Ekspor Bawang Merah dan Jahe, Jadi Bukti Terwujudnya Kedaulatan Pangan

Dengan kebijakan ini, Suwandi yakin investasi budidaya tanaman hias dalam negeri akan meningkat dan volume ekspor pun ikut naik. Hal ini sesuai dengan data data Badan Pusat Statistik (BPS).

Berdasarkan data tersebut ekspor tanaman hias mulai Januari hingga Mei 2019 telah mencapai 1.903 ton. Angka ini naik 27 persen dibandingkan Januari hingga Mei 2018 yang hanya 1.494 ton.

Imbasnya petani tanaman hias pun merengguk untung. Contohnya seperti usaha budidaya tanaman hias di Kabupaten Bogor yang meraup puluhan miliar dari penjualan melalui ekspor.

“Ada 240 jenis tanaman hias diproduksi di Kemang, Bogor ini dan hendak diekspor ke 10 negara,” ujar Suwandi saat mengunjungi PT Monfori Nusantara, salah satu perusahaan budidaya sekaligus eksportir tanaman hias di Bogor.

Baca juga: Komoditas Hortikultura Meningkat, Indonesia Wajib Kuasai Pasar Ekspor

Dari sini saja, lanjutnya, upaya meningkatkan nilai tambah devisa puluhan miliar untuk negara telah terealisasi.

Asal tahu saja, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan komoditas tanaman hias. Setidaknya, terdapat 173 jenis tanaman hias dengan ribuan jenis varietasnya. Misalnya, untuk bunga aglonema saja memiliki lebih dari 20 jenis dan warna.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X