KILAS

Tingkatkan Ekspor Pertanian, Kementan Jajaki Kerja Sama dengan Singapura

Kompas.com - 19/07/2019, 11:00 WIB
Pemerintah Indonesia dan Singapura telah bertekad untuk terus memperkuat dan memperluas kerja sama agribisnis antar kedua negara melalui perluasan komoditas ekspor. Dok. Humas Kementan Pemerintah Indonesia dan Singapura telah bertekad untuk terus memperkuat dan memperluas kerja sama agribisnis antar kedua negara melalui perluasan komoditas ekspor.

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian ( Kementan) akan memperluas pasar ekspor produk pertanian Indonesia, salah satunya hortikultura ke Singapura.

Tak hanya itu, Pemerintah Indonesia dan Singapura pun telah bertekad untuk terus memperkuat dan memperluas kerja sama agribisnis antar kedua negara melalui perluasan komoditas ekspor.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam hasil sidang ke-15 Forum Kerja sama Agribisnis Indonesia dan Singapura atau Agribussiness Working Group (AWG) di Singapore Food Agency Headquarter (SFA), Selasa (16/7/2019).

Pertemuan yang dilanjutkan dengan sidang Six Working Group Senior Official Meeting (6WG SOM) antara Indonesia dan Singapura tersebut mengagendakan pembahasan perkembangan di masing-masing working group (WG).

Baca juga: Ekspor Pertanian Ke Spanyol Naik, Hasil Positif Neraca Perdagangan Indonesia

Adapun topik yang dibahas secara berturut-turut adalah WG on Bintan Batam Karimun and Special Economic Zones, WG on Investment, WG on Man Power, WG on Transportation, dan terakhir WG on Agribusiness dan keenam, WG on Tourism.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura RR Liliek Sri Utami yang hadir mewakili Indonesia mengatakan, kinerja subsektor pertanian dalam forum AWG Indonesia-Singapura paling menonjol.

Forum AWG ini punya tiga Sub Working Group (SWG) yang dievaluasi kinerja pelaksanaannya dengan Key Performance Indicators (KPI) selama kurun waktu 2016-2020. 

“Hingga akhir tahun 2018, hanya SWG on Agriculture yang telah memenuhi KPI, sedangkan SWG lainnya yaitu Fish and Fisheries Products baru melaksanakan 3 kegiatan,” ujar Liliek melalui rilis tertulis, Jumat (19/7/2019).

Proaktif

Liliek mengungkapkan, Kementan selama ini selalu proaktif mengawal forum kerja sama tersebut.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X