Pertamina Pindah Kantor ke Gedung Milik Luhut

Kompas.com - 19/07/2019, 19:42 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor PT Pertamina (persero) akan dipindahkan untuk sementara waktu dari kawasan Gambir ke Gedung Sopo Del yang terletak di kawasan Kuningan, Jakarta. Pemindahan itu dilakukan karena Gedung Pusat Pertamina akan dilakukan pengembangan karena telah berumur lebih dari 40 tahun.

Gedung Sopo Del sendiri merupakan milik PT Toba Bara Sejahtra Tbk yang sebagian sahamnya dimiliki Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

“Yang sudah pindah (ke Sopo Del) yang dari Gedung Annex. Sebagian karyawan Pertamina sudah pindah ke situ (Gedung Sopo Del),” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman kepada Kompas.com, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Pertamina Cari Cadangan Migas Baru di Selat Malaka

Fajriyah menambahkan, pihaknya telah menyewa 11 lantai di Gedung Sopo Del. Namun, perpindahan kantor itu hanya dilakukan sementara hingga renovasi kantor pusat Pertamina yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat rampung dilaksanakan.

Mengenai pemilihan Gedung Sopo Del, Fajriyah mengatakan, telah melalui proses tender. Proses tender tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu.

Ada sejumlah pertimbangan yang dilakukan pihaknya memilih Gedung Sopo Del sebagai kantor sementara Pertamina. Salah satunya karena ketersediaan ruang yang banyak di gedung tersebut.

Menurut Fajriyah, saat ini tak semudah itu menemukan gedung yang memiliki kapasitas besar di lokasi yang strategis seperti di kawasan Mega Kuningan.

“Saya enggak tahu gedung (Sopo Del) itu punya siapa. Saya juga enggak mau komentar soal itu,” kata Fajriyah.

Baca juga: Luhut: Kalian Para Bupati Harus Serius dan Mau Diajak Kerja Sama

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X