Layanan Bank Mandiri Sempat Bermasalah, Ini Kata OJK

Kompas.com - 21/07/2019, 15:58 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. Rafapress/SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemarin, Sabtu (20/7/2019), beberapa layanan Bank Mandiri sempat error dan tidak bisa beroperasi secara normal. Menindaklanjuti hal itu, Otoritas Jasa Keuangan akan terus memonitor mitigasi yang dilakukan perbankan untuk nasabahnya.

" OJK monitor mitigasi yang dilakukan oleh bank dan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya," kata Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot kepada Kompas.com, Minggu (21/7/2019).

Selain itu, kata Sekar, OJK juga akan meminta perbankan untuk segera melaporkannya ketika ada masalah atau kondisi darurat sekaligus langkah yang akan dilakukan agar kesalahan yang sama tak terulang kembali.

Baca juga: 5 Fakta Layanan Bank Mandiri yang Sempat Error

"Sementara itu OJK akan meminta bank tentunya untuk segera melaporkan permasalahan dan langkah-langkah yang mereka lakukan untuk tidak terulang lagi di kemudian hari," ujar Sekar.

Diberitakan sebelumnya, layanan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengalami error atau gangguan teknis pada Sabtu. Gangguan ini membuat sejumlah nasabahnya panik.

Adapun error tersebut telah terjadi karena perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari mengalami error pada data 10 persen nasabah Bank Mandiri. Error pun berdampak pada beberapa layanan, salah satunya e-money.

Tak sampai sehari, layanan dan sistem Bank Mandiri telah kembali normal. OJK pun menyoroti penjaminan Bank Mandiri atas keamanan dana nasabah.

Baca juga: Error, Bank Mandiri Akan Lakukan Investigasi

"Saat ini yang terpenting pelayanan nasabah sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah sehingga tidak ada yang terkurangi haknya," pungkas Sekar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X