Cermati Tips Ini agar Pesta Pernikahan Tak Bikin Kantong Jebol

Kompas.com - 22/07/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi menikah. SHUTTERSTOCKIlustrasi menikah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengatur keuangan merupakan tahap yang krusial dan penting saat Anda berencana melangsungkan pesta pernikahan.

Pesta pernikahan bisa-bisa membuat kantong jebol bila tidak dialokasikan dengan baik. Bahkan, membuat Anda bangkrut usai melangsungkan pesta.

Publisher dan COO Weddingku Reza Paramita mengatakan, pernikahan itu sebenarnya murah. Yang membuatnya jadi mahal adalah gengsi dan gaya hidup. Sehingga rasanya tak wajar bila pengeluaran Anda bengkak hanya gara-gara pesta pernikahan.

"Budget pernikahan itu murah. Kalau kita mau basic, pernikahan itu ketika dua menjadi satu, sah menurut agama dan pemerintah. Kedua hal itu tidak lebih dari Rp 1 juta. Sisanya adalah lifestyle makanya disebut "pesta" pernikahan," kata Reza Paramita di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Hemat Biaya, Cari Vendor Pernikahan di Platform Digital Semakin Diminati

Sependapat dengan Reza, perencana finansial dan Co-Founder Zap Finance Prita H. Ghozie mengatakan, memang gaya hiduplah yang paling berpengaruh dari suatu pesta pernikahan.

"Lifestyle memang mengendalikan budget pesta pernikahan. Rangkaian pernikahan itu banyak sekali, prewedding, wedding, setelah weddingnya juga. Sehingga menelan biayanya juga bukan main," kata Prita H. Ghozie di kesempatan yang sama.

Untuk itu, Anda perlu memastikan dan melakukan sejumlah cara untuk membuat pengeluaran pesta pernikahan tak membengkak.

Simak tips-tips ini agar mampu mengatur keuangan untuk pesta pernikahan secara cermat dan tepat:

1. Buat pilihan

Prita mengatakan, Anda harus membuat pilihan sebelum merencanakan pesta pernikahan.

Adapun pilihan ini dibuat bila keuangan Anda belum bisa menutupi semua kebutuhan pernikahan, terutama untuk acara adat yang "seabrek".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X