Cara Yakinkan Orangtua soal Adat dan Keuangan saat Pernikahan

Kompas.com - 22/07/2019, 09:10 WIB
Ilustrasi pernikahan ferlistockphotoIlustrasi pernikahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernikahan menjadi salah satu momen paling sakral dalam hidup. Semua kebutuhan dipersiapkan secara matang jauh-jauh hari termasuk keuangan. Meski disiapkan jauh-jauh hari, biasanya keuangan tetap tidak cukup menutupi semua keinginan orangtua dan keluarga di hari bahagia itu.

Biasanya, orangtua ingin anaknya menikah dengan mengikuti rangkaian adat yang berlaku, mulai dari A sampai Z. Hal ini menjadi penting baginya karena mereka ingin hari bahagia anaknya berjalan dengan baik.

Tapi, mengikuti seluruh rangkaian acara adat cenderung memakan lebih banyak uang. Sebut saja budaya Padang misalnya, di pesta pernikahan terdapat malam bainai, manjapuik marapulai, hingga penyambutan di rumah anak daro.

Baca juga: Sebelum Menikah, Diskusikan 6 Masalah Finansial Ini dengan Pasangan

Jika keuangan Anda tidak mencukupi untuk mengikuti rangkaian acara adat secara keseluruhan, Anda harus meyakinkan orangtua Anda.

Bagaimana cara meyakinkan orangtua soal masalah adat dan kondisi keuangan Anda? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Kenali karakter orangtua.

Kenalilah karakter orangtua Anda dan pelajari. Lalu, bagaimana cara mengenali karakter orang tua?

Publisher dan COO Weddingku Reza Paramita mengatakan, hanya Anda sendirilah sebagai anaknya yang mengetahui cara mengenal karakter orangtua.

Gunakan pengalaman Anda sebagai anaknya selama puluhan tahun. Sebab, dengan mengenali karakter orangtua, Anda akan menemukan titik yang tepat.

"Anda yang paling tahu karakter orangtua masing-masing. Pelajari masalahnya, apakah orangtua Anda ingin mengadakan acara adat tadi hanya sebagai gengsi dan gaya hidup?" ujar Reza Paramita di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

"Bila sudah mengenali karakter orangtua, Anda sebagai anaknya pasti akan menemukan titik di mana orangtua bisa mengerti keadaan finansial Anda dan tidak perlu mengikuti rangkaian adat keseluruhan. Semua orang ada titik lemahnya, tinggal bagaimana kita mengenalinya," ucapnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X