Menengok Saham Bank Mandiri Usai Heboh Saldo Nasabah Error

Kompas.com - 22/07/2019, 13:41 WIB
Pasca gangguan layanan transaksi di Bank Mandiri, yang membuat sejumlah nasabah di Batam, Kepulauan Riau ketakutan karena tiba-tiba saja saldo nasabah menjadi nol.
KOMPAS.com/HADI MAULANA Pasca gangguan layanan transaksi di Bank Mandiri, yang membuat sejumlah nasabah di Batam, Kepulauan Riau ketakutan karena tiba-tiba saja saldo nasabah menjadi nol.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gangguan sistem IT Bank Mandiri mengakibatkan sejumlah saldo rekening nasabah bermasalah. Beberapa nasabah melaporkan bahwa saldo rekening mereka kosong sama sekali.

Ada pula nasabah yang mengaku isi rekeningnya bertambah berkali-kali lipat. Diketahui, gangguan tersebut dilaporkan nterjadi pada Sabtu (20/7/2019).

Usai kejadian tersebut, saham Bank Mandiri pada pembukaan perdagangan Senin (22/7/2019) turun 0,95 persen menjadi Rp 7.800 perlembar saham.

Penurunan berlanjut pada pukul 12.30 WIB, di mana penurunan mencapai 1,27 persen menjadi Rp 7.775 perlembar saham. Adapun total frekuensi transaksi saham Bank Mandiri hari ini mencapai 1.426 kali transaksi.

Baca juga: Sistem Bank Mandiri Error, YLKI Sarankan Nasabah Melakukan Ini...

Dalam beberapa hari terakhir, saham perseroan cenderung mengalami penurunan. Dalam tujuh hari, penurunan terjadi sekitar 8,11 persen atau sebesar Rp 650.

Penurunan terlihat pada tanggal 16 Juli 2019 sebesar 0,92 persen, 17 Juli 2019 sebesar 1,24 persen, dan 18 Juli 2019 sebesar 1,57 persen. Namun , pada 19 Juli 2019, Bank Mandiri kembali ke zona hijau dan naik 0,32 persen.

Sebelumnya, sejumlah nasabah mengeluhkan saldo rekening di Bank Mandiri tinggal Rp 0. Di sisi lain, ada pula nasabah yang menerima dana dalam jumlah besar.

Baca juga: Mandiri Error, Bagaimana Nasib Nasabah yang Rekeningnya Diblokir?

 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas sebelumnya mengakui bahwa sedang terjadi error system akibat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan. Ia mengatakan, error sistem terjadi pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri.

Sebagai tindak lanjut, perseroan telah memblokir 2.670 rekening nasabah karena tercatat menerima saldo tambahan dan telah memindahkannya ke rekening lain.

Baca juga: Ribuan Nasabah Alihkan Saldo Tambahan Saat Error, Ini yang Dilakukan Bank Mandiri

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X