Bos Lion Air Setuju INACA Laporkan Pemerintah ke Ombudsman, Mengapa?

Kompas.com - 22/07/2019, 16:10 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana saat ditemui di Hotel Pullman Miri, Serawak, Malaysia, Jumat (16/3/2018). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTODuta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana saat ditemui di Hotel Pullman Miri, Serawak, Malaysia, Jumat (16/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bos Lion Air Rusdi Kirana menyatakan setuju dengan keputusan INACA melaporkan pemerintah ke Ombudsman terkait upaya penuruanan harga tiket pesawat.

INACA adalah Indonesia National Air Carrier Association atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia. Lion Air merupakan salah satu anggota INACA.

"Ya setuju aja (INACA lapor ke Ombudsman) kan kita negara demokrasi," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/7/2019).

Baca juga: INACA Ingatkan Menhub bahwa Tarif Pengaruhi Bisnis Penerbangan

Menurut Rusdi, laporan INACA ke Ombudman terkait upaya pemerintah menurunkan harga tiket pesawat layaknya hal wajar di negara demokrasi.

Saat ditanya apakah Lion Air menjadi pihak yang melaporkan pemerintah ke Ombudsman, Rusdi membantahnya.

"Bukan Lion ikut laporan, tapi Lion adalah anggota INACA," kata pendiri Lion Air tersebut.

Sebelumnya, INACA melaporkan pemerintah ke Ombudsman terkait dugaan mal administrasi dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Baca juga: INACA Laporkan Kemenhub ke Ombudsman, Ini Tanggapan Luhut

Dalam aturan itu, maskapai penerbangan diminta menurunkan tarif batas atasnya sebesar 12 sampai 16 persen.

“INACA mengadukan ke Ombudsman dugaan mal administrasi terkait Kepmenhub 106 tahun 2019,” ujar Anggota Ombudsman Alvin Lie kepada Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X