Inisiatif Umrah Digital Jadi Polemik, Ini Kata Traveloka

Kompas.com - 23/07/2019, 15:46 WIB
Ilustrasi umrah: Rombongan umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/2/2015). KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERAIlustrasi umrah: Rombongan umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/2/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen perjalanan online Traveloka buka suara ihwal keterlibatannya dalam inisiatif digital umrah yang justru menuai polemik.

PR Director Traveloka Sufintri Rahayu memastikan, pihaknya akan mematuhi semua regulasi pemerintah dalam inisiatif digital umrah tersebut.

"Mengenai keterlibatan Traveloka sendiri, kami juga tentunya akan selalu menjalanankannya dengan menimbang kepada aspek reputasi," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Visi dan misi perusahaan, serta regulasi pemerintah yang berlaku saat ini," sambung dia.

Baca juga: Arab Saudi Gandeng Traveloka dan Tokopedia untuk Buat Platform Umrah

Sufintri menjelaskan, inisiatif digital umrah itu muncul saat Traveloka dan Tokopedia diundang Menkominfo Rudianatra ke Arab Saudi pada 3 Juli 2019.

Dalam kunjungan tersebut, dibahas berbagai hal, termasuk di dalamnya penandatanganan kerja sama (MoU).

MoU itu kata dia, untuk melakukan kerjasama strategis dalam rangka menambahkan pengalaman maksimal dalam perjalanan umrah, melalui digitalisasi sistem umrah.

Sufintri menyebut tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membantu memudahkan lebih banyak orang Indonesia agar dapat melaksanakan ibadah umrah.

Baca juga: Bareksa Luncurkan Platform Menabung Reksa Dana untuk Umrah

Traveloka merasa terpanggil dan bangga untuk terlibat dalam inisiatif Digital Umrah tersebut. Apalagi unicorn tersebut juga menjadi narasumber untuk sharing informasi di Arab Saudi.

Inisiatif digital umrah menuai polemik setelah sejumlah anggota DPR mengaku mendapatkan laporan soal kekhawatiran pengusaha penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

Biro umrah tersebut dikabarkan khawatir bisnisnya tergerus lantaran Traveloka dan Tokopedia masuk dalam binis tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X