PLN Targetkan Nihil Kecelakaan Kerja pada 2023

Kompas.com - 23/07/2019, 16:08 WIB
Ilustrasi PLN. KOMPAS/HENDRA A SETYAWANIlustrasi PLN.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terus mengurangi tingkat kecelakaan kerja di internal perusahaan. Pada 2023 PLN menargetkan tidak ada lagi kecelakaan kerja (Zero Accident).

EVP Keselamatan, Kesehatan Kerja, Keamanan dan Lingkungan PLN, Antonius RT Artono mengatakan PLN telah membentuk Peta Jalan (Road Map) Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3) dengan target Zero Accident di 2023. Salah satu langkah dalam road map tersebut adalah membentuk organisasi K3 di unit-unit induk PLN sejak 2013 lalu.

Adapun penyempurnaannya dilakukan pada tahun 2017 dengan pembentukan Manajer Pejabat K3, Pemangku Kepentingan K3 atau Pelaksana K3.

Baca juga: PLN Siap Pasok Listrik untuk Formula E di Jakarta

“Pada aspek keselamatan kerja itu hanya memerlukan pengawasan. Pengawasan yang paling murah dan paling efisien itu sebenarnya kepada diri setiap karyawan masing-masing. Sehingga tugas keselamatan kerja itu seharusnya bukan hanya tugasnya orang K3 semata, melainkan seluruh karyawan,” ungkap Anton dalam keterangannya, Selasa (23/7/2019).

Guna memperkuat pengawasan K3, lanjut Anton, maka dibentuk Budaya K3 di PLN. Anton menjelaskan, terdapat keterkaitan antara budaya perusahaan dengan budaya K3.

Budaya korporat merupakan elemen strategik, yang bersifat besar dan menyeluruh. Sementara budaya K3 adalah subkultur dari budaya korporat yang spesifik mencakup urusan keselamatankerja.

Baca juga: Perkuat Hukum Energi, PLN Akan Kirim Pegawai Sekolah di Inggris

“Karena itu kami membangun budaya K3 di PLN dengan tiga values, yakni Peduli, Taat, Tanggap. Untuk melaksanakannya, saya mengumpulkan seluruh stakeholders K3 dari seluruh Indonesia di kantor pusat PLN," terangnya.

Indikator keberhasilan budaya K3 itu terdiri atas lagging indicator dari empat aspek, yakni Loss of Life, Loss of Production, Loss of Productivity, dan Loss of Asset.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X