Pelni Ingin Hadirkan Kapal Khusus Wisata di Raja Ampat

Kompas.com - 23/07/2019, 19:04 WIB
Kapal Pinisi Pelita Arunika milik PT Pelni di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/7/2019). Dok. PelniKapal Pinisi Pelita Arunika milik PT Pelni di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/7/2019).

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - PT Pelni (Persero) berencana menghadirkan kapal khusus wisata di Raja Ampat, Papua. Langkah ini diambil setelah Pelni resmi mengoperasikan Kapal Wisata Pelita Arunika di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Insya Allah seperti di Raja Ampat dan Karimun Jawa. Pelni sudah masuk ke rute wisata," ujar Direktur Utama PT Pelita Indonesia Djaja Corporation (PIDC), Effendy di Labuan Bajo, Selasa (23/7/2019).

PT Pelita Indonesia Djaja Corporation (PIDC) sendiri merupakan anak usaha dari PT Pelni.

Effendy menjelaskan, langkah ini diambil sejalan dengan program pemerintah yang fokus membangkitkan sektor pariwisata nasional.

Baca juga: Pelni Hadirkan Kapal Pinisi Khusus Wisata di Labuan Bajo

Diharapkan, dengan adanya kapal khusus wisata di beberapa tempat dapat mendorong pertumbuhan sektor wisata di Indonesia.

"Sesuai konsep pemerintah bahwa wisata ini akan berkembang. Langkah awal di Labuan Bajo, nanti bisa saja masuk ke Karimun Jawa atau Raja Ampat. Ini pilot project untuk Pelni bisa masuk ke wisata," kata Effendy.

Sebelumnya, PT Pelni (Persero) meluncurkan Kapal Pinisi Pelita Arunika yang dikhususkan melayani wisatawan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapal Pinisi Pelita Arunika dibangun di galangan dalam negeri di Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kapal berkapasitas 10 orang ini terbuat dari kayu dengan panjang 27,67 meter lebar 6,10 meter dengan kecepatan 7 knot.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X