Harga Tiket Pesawat Hambat Pertumbuhan Wisatawan di Labuan Bajo

Kompas.com - 24/07/2019, 10:32 WIB
Suasana di Labuan Bajo pada Selasa (23/7/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMASuasana di Labuan Bajo pada Selasa (23/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya harga tiket pesawat berdampak kepada wisatawan yang datang ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu diakui oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula. Menurut dia, tahun ini pihaknya kesulitan merealisasikan target wisatawan yang datang ke Labuan Bajo oleh pemerintah pusat.

"Ditambah lagi sekarang ini kacaunya dengan harga tiket pesawat mahal. Ini sebenarnya target Pak Presiden jika semua normal, bukan hanya sampai 500.000. Bahkan, bisa 2019 ini wisatawan ini sampai 1 juta," ujar Agustinus di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/7/2019).

Agustinus menjelaskan, saat ini realisasi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo baru mencapai 250.000 orang. Mayoritas pelancong yang datang merupakan warga negara asing.

Biasanya, mereka berasal dari Australia, Jerman, China, Korea Selatan dan Jepang.

"Tapi persentase wisatawan di Manggarai Barat sejak 2013 sampai sekarang naik sampai 200 persen. Secara rinci per tahun saya kurang hafal," kata Agustinus.

Selain tiket pesawat yang mahal, lanjut Agustinus, faktor yang kurang mendukung potensi wisata di Labuan Bajo adalah sarana dan pra sarana yang masih minim. Dia optimis, jika hal tersebut terus ditingkatkan, bisa mendongkrak wisatawan yang datang ke Labuan Bajo.

"Jujur saya sekarang belum berani bikin leaflet dalam rangka untuk menarik wisatawan luar negeri. Karena takutnya dengan membaca leaflet orang datang padahal fasilitas belum siap. Takutnya nanti dianggap pembohongan publik," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X