Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Tugas ASN Adalah Melayani Masyarakat

Kompas.com - 24/07/2019, 12:48 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memberikan pembekalan dan motivasi kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam acara Presidential Lecture 2019 yang digelar di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Poin penting yang disampaikan Kalla adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

"Yang menjadi tugas Anda melayani," kata Kalla di hadapan ribuan CPNS.

Wapres mengatakan, setiap profesi tentu punya tugas dan tanggung jawab. Oleh karena itu, cara melayaninya pun juga berbeda sesuai dengan kodratnya. 

 Baca juga: Simak! Ini Informasi Lengkap Proses Penerimaan CPNS 2019

Dengan demikian, kehadiran ASN dapat menjadi pelayanan publik demi kemajuan negara.

"Melayani tentu berbeda caranya,  tergantung apa tugasnya. Seorang guru, artinya mengajar dan mendidik generasi muda dengan baik Pegawai kesehatan, artinya melayani meningkatkan kesehatan," ujarnya.

Selain itu, JK juga meminta seluruh ASN untuk bepikir cerdas dan maju, serta terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaanya.

Sehingga dengan sikap tersebut memberikan perubahan dan kemajuan bagi Indonesia.

"Semuanya mempunyai tugas masing-masing dalam melayani. Jangan berprinsip, dulu PNS itu ingin dihargai dan layani, itu sudah berubah. Kita harus berpikir lebih baik dan maju," imbuhnya.

Baca juga: BKN Sebut Ada 7 Tahapan Proses CPNS dan PPPK 2019, Apa Saja?

Dia menyebutkan, jika sebuah proses administrasi bisa dilakukan dengan cepat maka harus segera diselesaikan. Ia meminta tidak ada alasan lagi untuk lambat dalam melayani masyarakat dalam hal apapun.

"Jangan berprinsip, kalau bisa diperlambat kenapa dipercepat? Pokoknya harus dipercepat itu prinsip yang kita pegang saat ini," tegasnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyelenggarakan Presidential Lecture kedua pada 2019. Acara ini diikuti lebih dari 6.000 CPNS yag diterima pada rekrutmen 2018 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com