Simak, 5 Pertanyaan Kunci yang Ditanyakan HRD saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 24/07/2019, 18:02 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam merekrut seorang kandidat pada sebuah posisi biasanya perusahaan akan melakukan tahapan seleksi. Salah satunya adalah tahap wawancara kerja.

Nah, apa sajakah pertanyaan yang kerap diajukan perekrut kepada pelamar kerja dalam proses wawancara?

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR Audi Lumbantoruan mengatakan, setidaknya ada lima pertanyaan pokok yang sering ditanyakan kepada pelamar.

Lewat pertanyaan-pertanyaan itu, perusahaan akan mengetahui pelamar yang paling cocok untuk diterima.

"Pertama, achievement dalam pekerjaan sebelumnya, kedua career aspiration dan rencana ke depan bila bergabung dengan perusahaan tersebut," kata Audi kepada Kompas.com, Rabu (24/7/2019).

Baca juga: Persiapkan Diri untuk Hindari Wawancara Kerja yang Buruk

"Tiga, motivasi bekerja, dan keempat kesuksesan dan kegagalan dalam karir saat ini dan sebelumnya. Kelima, rencana kerja selama 1-3 bulan ke depan bila diterima," tuturnya.

Ilustrasi wawancara kerjaDragonImages Ilustrasi wawancara kerja

Menurutnya, melalui pernyataan-pernyataan tersebut perusahaan akan lebih yakin untuk menentukan pelamar yang terima. Artinya, dapat menentukan kualitas dan kemampuan para kandidat.

" Perusahaan yang melakukan proses interview yang baik pasti melakukan analisa komparasi. Termasuk mengurutkan kandidat terbaik dan urutannya," tambah dia.

Baca juga: Saat Wawancara Kerja, Jangan Katakan 4 Kebohongan Ini

Setelah itu, hasil penerimaan pascawawancara akan diumumkan perusahaan paling lama satu hingga dua minggu ke depan. Namun, ini tentu melihat jumlah para pelamar.

Karena itu, para pelamar kerja ketika hendak mengikuti tes wawancara sebaiknya sudah mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga, pelamar dapat memberikan jawaban yang baik dan dipilih oleh pihak perekrut.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X