Akibat Gagal Ujian Sekolah, Robin Hutson Kini Jadi Miliarder

Kompas.com - 25/07/2019, 09:48 WIB
Robin Hutson, pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Home Grown Hotels di Inggris istRobin Hutson, pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Home Grown Hotels di Inggris

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehidupan Robin Hutson mungkin tidak akan sukses jika dia tidak mengalami kegagalan dalam ujian sekolah. Malahan, kegagalan tersebut membawa dirinya ke puncak keberhasilan bisnisnya saat ini.

"Saya berhasil mengacaukan semua tingkat-O saya, dan tidak dapat meneruskan ke semester 6, jadi saya harus mencari hal lain yang dapat saya lakukan. Pada usia 16 tahun, saya tidak tertarik melakukan banyak hal, tapi saya selalu suka memasak di dapur," ujar Robin, pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Home Grown Hotels yang berbasis di Inggris.

Untuk itu, ibunya menyarankan Robin untuk mengikuti kursus di bidang perhotelan dan tempat katering. Hal tersebut memperkuat keinginannya untuk berkarir di industri perhotelan.

Setelah lulus dari perguruan tinggi katering di Surrey, London Selatan, pada pertengahan 1970-an, Robin bergabung dalam program pelatihan manajemen dari Savoy Group of hotels.

Baca: Kepada Wisudawan Harvard, Miliarder Ini Sebut Uang Tidak Penting

Dia memulainya sebagai pelayan junior di hotel London Claridge's bintang lima, sebelum pindah ke Hotel de Crillon yang bergengsi di Paris. Kemudian, ia kembali ke London. Saat itu ia berusia 23 tahun, dan menjadi manajer resepsionis termuda di The Berkeley.

Karir tersebut diikuti dengan dua tahun bekerja di sebuah hotel di Bermuda. Di usia 28 tahun, dia pun ingin kembali ke Inggris. Namun, pada saat yang sama, ia ditawari posisi manajer umum di sebuah hotel, di Hampshire. Robin bekerja selama delapan tahun di pekerjaan itu. Sampai akhirnya, ia memutuskan untuk membangun hotel miliknya sendiri.

"Saya berusia 36, saya telah melakukan cukup banyak pekerjaan untuk orang lain, dan saya pikir 'apakah itu yang ingin saya lakukan selama sisa hidup saya, atau akankah saya mencoba dan melakukan sesuatu yang lain?,” kata pria berusia 62 tahun itu.

Merintis Bisnis Hotel

Maka pada tahun 1994 ia bekerja sama dengan temannya, Gerard Basset, seorang mantan sommelier, untuk meluncurkan Hotel du Vin di Winchester, Hampshire.

Untuk mengumpulkan uang yang dia butuhkan, Robin berupaya membujuk istrinya Judy untuk menjaminkan rumahnya guna mendapatkan pinjaman.

Di samping itu, Robin dan Gerard juga mendapatkan dana sebesar 500.000 poundsterling dari teman dan keluarganya, serta meminjam 750.000 poundsterling dari bank.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X