Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Diminta Inovatif dalam Kendalikan Inflasi

Kompas.com - 25/07/2019, 12:38 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pemerintah daerah untuk kian inovatif dalam mengendalikan inflasi.

Pasalnya, meski pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) berhasil menjaga inflasi di kisaran 3 persen, masih ada 5 provinsi dan 8 kabupaten yang memiliki tingkat inflasi di atas sasaran 3,5 plus minus 1 persen.

"Ke depan, pemerintah daerah diharapkan semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun serta melakukan inovasi pengendalian inflasi," ujar Darmin dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Gubernur BI: Teknologi Bisa Jadi Salah Satu Alat Pengendali Inflasi

Berbagai inovasi tersebut, menurut Darmin bisa dilakukan dengan menyambungkan jalan provinsi, kabupaten dan kota dengan jalan tol sehingga ada peningkatan konektivitas, juga pembangunan pasar pengumpul atau lapangan penimbunan.

Inovasi lain adalah penyediaan alat transportasi, pemanfaatan platform e-commerce juga sistem pergudangan berbasis TI.

"Itu adalah merupakan upaya-upaya penting yang akan mampu mendukung kelancaran dan efisiensi distribusi serta ketersediaan pasokan," ujar Darmin.

Baca juga: Cabai Merah Hingga Emas Perhiasan Bakal Pengaruhi Inflasi Juli 2019

Adapun dalam kesempatan tersebut, Darmin yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) pun melaporkan hasil evaluasi Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tahun 2018. Di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh Pemerintah Daerah, Menko Darmin menyampaikan pemerintah bersama Bank Indonesia berhasil menjaga inflasi di kisaran 3 persen.

Darmin pun menambahkan, ke depan apa yang sudah dilakukan pemerintah melalui strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif) akan terus dilanjutkan untuk menjaga capaian inflasi pada 2019 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com