Pemda Diminta Inovatif dalam Kendalikan Inflasi

Kompas.com - 25/07/2019, 12:38 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (25/7/2019). MUTIA FAUZIAGubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pemerintah daerah untuk kian inovatif dalam mengendalikan inflasi.

Pasalnya, meski pemerintah bersama Bank Indonesia ( BI) berhasil menjaga inflasi di kisaran 3 persen, masih ada 5 provinsi dan 8 kabupaten yang memiliki tingkat inflasi di atas sasaran 3,5 plus minus 1 persen.

"Ke depan, pemerintah daerah diharapkan semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun serta melakukan inovasi pengendalian inflasi," ujar Darmin dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Gubernur BI: Teknologi Bisa Jadi Salah Satu Alat Pengendali Inflasi

Berbagai inovasi tersebut, menurut Darmin bisa dilakukan dengan menyambungkan jalan provinsi, kabupaten dan kota dengan jalan tol sehingga ada peningkatan konektivitas, juga pembangunan pasar pengumpul atau lapangan penimbunan.

Inovasi lain adalah penyediaan alat transportasi, pemanfaatan platform e-commerce juga sistem pergudangan berbasis TI.

"Itu adalah merupakan upaya-upaya penting yang akan mampu mendukung kelancaran dan efisiensi distribusi serta ketersediaan pasokan," ujar Darmin.

Baca juga: Cabai Merah Hingga Emas Perhiasan Bakal Pengaruhi Inflasi Juli 2019

Adapun dalam kesempatan tersebut, Darmin yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) pun melaporkan hasil evaluasi Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tahun 2018. Di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh Pemerintah Daerah, Menko Darmin menyampaikan pemerintah bersama Bank Indonesia berhasil menjaga inflasi di kisaran 3 persen.

Darmin pun menambahkan, ke depan apa yang sudah dilakukan pemerintah melalui strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif) akan terus dilanjutkan untuk menjaga capaian inflasi pada 2019 ini.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X