Bagi Gen Z, Gaji dan Kesuksesan Karier Jadi Prioritas Utama

Kompas.com - 25/07/2019, 18:44 WIB
Ilustrasi gaji ismagilovIlustrasi gaji

NEW YORK, KOMPAS.com -  Ada pandangan bahwa Gen Z memiliki kepribadian yang berbeda dengan generasi-generasi pendahulunya. Ini termasuk dalam hal karier dan tujuan hidup.

Akan tetapi, sebuah survei menyatakan, ketika berbicara mengenai tujuan karir dan keuangan, tidak terlalu berbeda antara generasi Z (generasi yang lahir antara tahun 1995-2010) dengan generasi sebelumnya, yakni millenial

Seperti dikutip dari CNBC, Kamis (25/7/2019), menurut laporan terbaru dari Morning Consult, Gen Z lebih memfokuskan diri untuk menghasilkan uang dan memiliki karier yang sukses. Kedua hal tersebut lebih penting bagi mereka, daripada memiliki persahabatan yang erat, menikah, atau liburan.

Dalam hal keuangan, memang Gen Z dan millenial memiliki pandangan yang serupa. Menabung merupakan prioritas utama bagi kedua generasi tersebut, seperti halnya keamanan karier dan mendapatkan gaji yang layak.

Baca juga: Bisakah Penentuan Besaran Gaji Karyawan Berdasarkan Asal Kampusnya?

Dalam survei tersebut, terungkap bahwa 70 persen Gen Z memprioritaskan gaji yang layak. Sementara generiasi millenial persentasenya mencapai 60 persen.

Selain itu, sebanyak 69 persen Gen Z memprioritaskan memiliki karier yang sukses. Angka ini lebih tinggi dibandingkan generasi millenial yang hanya 59 persen.

IlustrasiThinsktock Ilustrasi

Kemudian, 61 persen Gen Z juga ingin memiliki lebih banyak waktu untuk melakoni hobi mereka. Sementara itu, generasi millenial persentasenya mencapai 59 persen.

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini Gaji Fresh Graduate Versi BPS

Terkait keinginan untuk membangun keluarga, persentase Gen Z mencapai 58 persen. Adapun generasi millenial persentasenya lebih tinggi, yakni 60 persen.

Di sisi lain, Morning Consult mengatakan bahwa generasi millenial lebih banyak memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan seperti layanan kesehatan yang berkualitas, cuti, dan liburan, daripada Gen Z.

Sedangkan, Gen Z lebih mementingkan pekerjaan, dan sebagian besar dari mereka ingin menjadi terkenal. Fakta lainnya, Gen Z lebih individualis ketimbang generasi millenial.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X