Luhut Sebut 2 Lokasi Hyundai untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik

Kompas.com - 26/07/2019, 21:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Selasa (2/7/2019). MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motors Group rupanya serius untuk berinvestasi mobil listrik di Indonesia.

Setelah sebelumnya bertemu Presiden Joko Widodo, delegasi Hyundai Motors melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut mengatakan, rencana Hyundai yang akan berinvestasi di Indonesia. Menurut dia,  Hyundai berencana membangun dua pabrik mobil listrik di Indonesia.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Hyundai Bahas Mobil Listrik Sampai Mobil Terbang

“Pembangunannya bertahap,” ujar Luhut usai pertemuan, Jumat (26/7/2019).

Luhut menjelaskan, untuk pabrik pertama, akan dibangun di Karawang, Jawa Barat, dengan nilai investasi sekitar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun.

Penandatanganan komitmen investasi tersebut akan dilakukan di Seoul, Korea Selatan, pada November mendatang, dengan disaksikan Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Baca juga: Susi dan Jonan Sentil Sri Mulyani soal Insentif Mobil Listrik, Sejauh Mana Persiapannya?

Sementara, untuk pabrik yang kedua, Luhut mengaku Hyundai Motors belum menetapkan lokasi pabrik tersebut akan dibangun. Namun, dia mengatakan, tanah yang ditawarkan berada di Jawa Tengah.

“[Lokasinya] belum tahu, Mungkin ada ditawarkan pak Gubernur 2.000 atau 3.000 hektar, mungkin di situ diambil berapa hektar,” ucap Luhut.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa  pihaknya tengah memproses berbagai hal yang dibutuhkan supaya investasi ini cepat terealisasi. (Lidya Yuniartha)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Luhut sebut di dua lokasi ini Hyundai Motors Group akan bangun pabrik mobil listrik

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X