Kompas.com - 28/07/2019, 12:13 WIB
Direktur Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) Kemenhub Budi Setiyadi di gedung Kemenhub, Selasa (4/6/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGADirektur Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) Kemenhub Budi Setiyadi di gedung Kemenhub, Selasa (4/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menindak tegas kendaraan yang kedapatan memiliki kelebihan dimensi dan muatan.

Tindakan tegas yang dilakukan Kemenhub, yakni melakukan pemotongan kendaraan yang kelebihan dimensi dan muatan di Semarang, Jawa Tengah.

“Baru saja saya melakukan pemotongan kendaraan truk angkutan sepeda motor yang over dimensi," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/7/2019).

Baca juga: Menhub: Pelanggaran ODOL Dilakukan Secara Sistematis

Budi melanjutkan, secara fisik kendaraan yang sipotong tersebut memiliki kelebihan panjang sampai dengan dua meter.

“Jika sesuai ketentuan panjang bak truk adalah 12 meter,” kata Budi.

Budi menambahkan, sebelum dipotong, kendaraan pengangkut sepeda motor itu dapat mengangkut hingga 70 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, jika sesuai ketentuan kendaraan itu hanya bisa mengangkut maksimal 44 sepeda motor.

Baca juga: Pemerintah Larang Truk Kelebihan Muatan Melintasi Tol Jakarta-Cikampek

“Saya mengimbau kepada pemilik usaha angkutan sepeda motor yang lain untuk juga segera menormalisasi dimensi kendaraannya," ucap Budi.

Menurut Budi, setelah melakukan tindakan tegas, pemilik mobil yang kelebihan dimensi dan muatan itu sadar dengan ketentuan yang berlaku.

“Artinya dimensi kendaraan pengangkut sepeda motor harus sesuai dengan regulasi yang ada, baik panjang, lebar, dan tingginya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.