Pemerintah Ingin Pelabuhan Tanah Ampo Bali Bisa Disandari Kapal Yacht

Kompas.com - 28/07/2019, 16:36 WIB
Kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARIKapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengembangkan Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Bali. Rencananya, pelabuhan tersebut akan dikembangkan agar bisa disandarkan oleh kapal yacht dan pesiar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengembangan infrastruktur pelabuhan di Tanah Ampo ini untuk mendukung sektor pariwisata di Bali.

Untuk mengembangkan pelabuhan tersebut rencananya pemerintah akan menawarkan pembangunan melalui skema kerja sama pemanfaatan (KSP).

Baca juga: Kemenhub Upayakan Tambah Kapasitas Bandara I Gusti Ngurah Rai

Skema itu dipilih agar pelayanan dan pembangunan dikelola secara profesional.

“Dan kita harap swasta punya kompetensi di bidang konektivitas laut seperti cruise, yacht yang akan ada di sini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (28/7/2019).

Senada dengan budi, Gubernur Bali Wayan Koster mengungkapkan pelabuhan ini memang didesain untuk kapal cruise dan yacht yang datang ke Bali. Sehingga harus dipersiapkan sebagai pelabuhan berstandar internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi ini tidak hanya membangun pelabuhan tapi juga akan diintegrasikan dengan konsep pembangunan ekonomi Kabupaten Karangasem dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan mendukung sektor pariwisata," kata Koster.

Baca juga: Mengenalkan 10 Destinasi Bali Baru ke Anak-anak...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.