Pecahkan Rekor, Disney Raup Pendapatan Rp 107 Triliun

Kompas.com - 29/07/2019, 10:11 WIB
Avengers: Endgame (2019) MARVEL STUDIOSAvengers: Endgame (2019)

NEWYORK, KOMPAS.com - Disney mencatat rekor penghasilan sebesar 7,67 miliar dollar AS atau sekitara Rp 107,38 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) per Juli 2019 di box office seluruh dunia.

Dikutip CNN, Senin (29/7/2019), jumlah tersebut melampaui rekor sebelumnya, yaitu 7,61 miliar dollar AS (Rp 106,54 triliun) yang diraih pada tahun 2016.  Padahal, tahun 2019 ini masih tersisa 5 bulan ke depan. Sehingga pendapatan studio asal Amerika Serikat ini pun dipastikan bakal terus menggelembung.

Disney mendominasi box office berkat serangkaian film blockbuster dari beberapa merek terbesar, termasuk Marvel Studios "Avengers: Endgame" yang saat itu menempati blockbuster box-office terbesar yang pernah ada.

Baca juga: Walt Disney Negosiasi untuk Beli Konten dari MNCN?

Perusahaan ini juga memiliki 3 film yang menghasilkan lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 14 triliun) di box office seluruh dunia tahun 2019 ini, yakni Avengers Endgame, Captain Marvel, dan Aladdin.

Toy Story dan Lion King juga termasuk dalam 5 film bersama 3 film sebelumnya yang telah melampaui penghasilan lebih dari 900 juta dollar AS di seluruh dunia.

"Dominasi global Disney adalah cerminan dari apa yang terjadi ketika Anda memiliki beberapa merek film terbesar," kata analis media senior di Comscor Paul Dergarabedian.

"Belum lagi, pemasarannya memang untuk mendapatkan konten itu di benak setiap penonton bioskop potensial di seluruh dunia secara konsisten," lanjutnya.

Baca juga: Bidik Film Terlaris Sepanjang Masa, Avengers: Endgame Tembus Rp 29 Triliun

Paul memprediksi, jumlah rekor Disney dapat tumbuh lebih besar saat memasuki paruh kedua tahun 2019. Pasalnya, beberapa film andalannya masih tayang hingga akhir tahun, seperti Maleficent: Mistress of Evil pada Oktober 2019, Frozen 2 pada November 2019, dan saga Skywalker, "Star Wars: The Rise of Skywalker" pada Desember 2019.

Dia mengatakan, Disney tidak akan memiliki banyak tantangan yang dihadapi pada paruh kedua tahun 2019. Tapi, rival-rival Disney-lah yang bakal mendapat banyak tantangan, paruh kedua tahun ini mesti dicapai dengan banyak perjuangan.

"Studio saingan seperti Warner Bross akan berada di paruh kedua tahun ini dengan film laris mereka sendiri. Seperti 'It: Bab 2' di bulan September dan Sony 'Jumanji: The Next Level' di bulan Desember," katanya.

"Film-film itu dan film-film lain seperti mereka akan membuat tanda dengan penonton yang selalu mencari berbagai jenis konten di multipleks," tambah dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X