Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kapal Laut Kini Bisa Dipesan via Aplikasi

Kompas.com - 29/07/2019, 12:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna transportasi laut kini bisa memesan tiket kapal penyebrangan antarpulau kapan dan di mana saja secara online. Caranya dengan mengakses aplikasi Nyebrang Yuk!.

Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka atau mengantre untuk mendapatkan tiket kapal laut. Ini merupakan aplikasi pemesanan tiket kapal penyebrangan antarpulau perdana di Indonesia milik Pelindo 1.

Saat ini Nyebrang Yuk! bisa dinikmati masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura menuju Batam, yang nantinya juga bisa ke berbagai daerah tujuan lainnya, seperti Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).

Baca juga: Pemerintah Ingin Pelabuhan Tanah Ampo Bali Bisa Disandari Kapal Yacht

“Nyebrang Yuk! untuk pertama kali diimplementasikan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dengan langkah awal menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring dalam keterangannya, Senin (29/7/2019).

Syahputera menuturkan, aplikasi ini akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Nyebrang Yuk! mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime. Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play dan akan hadir di App Store pada pertengahan Agustus 2019.

Baca juga: Bangun Kapal Wisata, Pelni Gelontorkan Dana Rp 6 Miliar

Aplikasi yang mudah dioperasikan ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan destinasi yang diinginkan yang dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran elektronik (cashless).

Selain melalui aplikasi Nyebrang Yuk!, masyarakat juga bisa membeli langsung tiket kapal laut di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura melalui Self Service Kiosk serta bisa langsung mencetak boarding pass secara mandiri baik membeli tiketnya melalui Self Service Kiosk ataupun aplikasi Nyebrang Yuk!.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com