Ombudsman: Layanan Mandiri Sempat Error Bukan Karena Serangan Hacker

Kompas.com - 29/07/2019, 14:36 WIB
Konferensi pers oleh Ombudsman RI terkait gangguan teknis Bank Mandiri di Jakarta, Senin (29/7/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAKonferensi pers oleh Ombudsman RI terkait gangguan teknis Bank Mandiri di Jakarta, Senin (29/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman RI telah memanggil Bank Mandiri untuk dimintai klarifikasinya terkait perubahan saldo nasabahnya yang terjadi beberapa waktu lalu.

Berdasarkan keterangan dari Bank Mandiri, insiden tersebut terjadi karena ada gangguan dalam sistem teknologi informasinya.

Menurut Ombudsman, gangguan teknis tersebut terjadi bukan karena ada serangan hacker atau cyber crime.

“Yang terjadi tidak ada problem dengan cyber security-nya, perbankan Indonesia dan Bank Mandiri dapat menghadapi serangan hacker selama ini mampu ditangkal dan tak bisa tembus sistem perbankan kita,” ujar Anggota Ombudsman RI, Dadan Suharmawijaya di kantornya, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Baca: BI dan OJK Minta Sistem IT Bank Mandiri Diperbaiki

Kendati begitu, Dadan meminta Bank Mandiri terus memperbaiki sistem IT-nya. Sebab, perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin maju.

Dengan pembenahan sistem IT, diharapkan kejadian serupa tak akan terjadi lagi. Sehingga, tak ada lagi nasabah yang dirugikan karena terganggunya layanan sebuah perbankan.

“Kita ke depan inginnya perbankan Indonesia digital teknologinya selain (harus) handal juga aman. Jadi bisa menunjang program-program pemerintah non tunai,” kata Dadan.

Diberitakan sebelumnya, layanan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengalami error atau gangguan teknis pada Sabtu (20/7/2019). Gangguan ini membuat sejumlah nasabahnya panik.

Adapun error tersebut telah terjadi karena perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari mengalami error pada data 10 persen nasabah Bank Mandiri.

Error system itu membuat saldo rekening sekitar 10 persen nasabah Bank Mandiri mengalami perubahan, ada yang berkurang, namum ada juga yang bertambah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X