Blok Gas Nomor 3 Terbesar Ini akan di Kelola Pertamina Pada 2026

Kompas.com - 29/07/2019, 19:30 WIB
Ilustrasi blok migas iStockphoto/bashtaIlustrasi blok migas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan siap mengelola blok gas di Banyuasin, Sumatera Selatan, atau Blok Corridor pada pada 2026, atau tiga tahun setelah kontrak berjalan.

Hal itu disampaikan perusahaan plat merah itu setelah anak usahanya Pertamina Hulu Energi Corridor mendapat hak partisipasi (PI) sebesar 30 persen yang sebelumnya hanya 10 persen.

"Peningkatan hak PI bagi Pertamina merupakan hal positif. Kami percaya Pemerintah telah melakukan pertimbangan yang mendalam yang baik bagi semua pihak," ujar VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam siaran pers, Jakarta, Senin (29/7/2019).

"Pertamina segera mempersiapkan berbagai strategi dan langkah untuk menjadi operator Blok Corridor pada tahun 2026 hingga kontrak selesai pada tahun 2043,” sambung dia.

Kontrak bagi hasil Blok Corridor, akan berlaku efektif 20 tahun sejak 20 Desember 2023 dengan menggunakan skema gross split. Nantinya Conoco Philips akan menjadi operator pada 3 tahun pertama. 

Sementara itu 17 tahun berikutnya, pengelolaan Blok Corridor akan ada di tangan Pertamina. Nantinya Pertamina akan menggandeng BUMN untuk mendapat penawaran hak PI sebesar 10 persen.

Pertamina mencatat, Blok Corridor memiliki cadangan gas nomor tiga terbesar di Indonesia dimana produksi gasnya berkontribusi hingga 17 persen dari total produksi gas nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumbya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menandatangani surat keputusan persetujuan perpanjangan kontrak kerja sama pada Wilayah Kerja (WK) Corridor di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin, (22/7).

Perpanjangan ini, mulai berlaku setelah 2023, ditandai meningkatnya hak partisipasi Pertamina menjadi 30 persen. Perkiraan nilai investasi lima tahun pertama sebesar 250 juta dan dollar AS bonus tanda tangan (signature bonus) sebesar 250 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.