Kompas.com - 30/07/2019, 09:36 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Kalimantan Tengah saat berada di salah satu titik lokasi calon Ibu Kota baru KOMPAS.com/KURNIA TARIGANPresiden Joko Widodo didampingi Gubernur Kalimantan Tengah saat berada di salah satu titik lokasi calon Ibu Kota baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikit demi sedikit teka-teki calon ibu kota baru pengganti Jakarta mulai terkuak. Bahkan lokasinya mulai dibuka oleh pemerintah ke publik meski informasinya masih minim.

Baru-baru ini Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengungkapan, Kalimatan lah yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk lokasi ibu kota baru.

Hal ini disampaikan Bambang di acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jawa-Bali 2020-2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin, (29/7/2019).

"Pulaunya Kalimantan, provinsinya, nanti (menyusul)," ujar Bambang.

Baca juga: Seriuskah Pemerintah Ingin Memindahkan Ibu Kota dari Jakarta?

Meski menyebut Kalimantan, Bambang belum mau menyebut lokasi persisnya.

Namun saat ini terdapat dua lokasi yang disebut-sebut menjadi kandidat kuat ibukota baru, yaitu di kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disebut-sebut Moeldoko

Sebenarnya sejak akhir Juni 2019 lalu, kata Kalimantan selalu disebut-sebut oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara seminar pemindahan ibu kota di Kantor Bappenas, Jakarta.

Bahkan dalam pemaparannya terkait sisi keamanan dan pertahanan ibu kota baru, Moeldoko menilai perlu dipikirin cara pemindahan militer ke Kalimatan.

Selama ini kata Mantan Panglima TNI itu, kekuatan militer Indonesia memang terpusat di Jawa. Hal ini lantaran sejarah panjang peperangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang banyak terjadi di Jawa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.