Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Rayu Pabrik Mebel Asal China Pindah Ke Indonesia

Kompas.com - 30/07/2019, 19:53 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah gencar merayu pemilik pabrik mebel di China untuk memindahkan pabriknya di Indonesia.

Langkah itu dilakukan pemerintah untuk mengambil peluang dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Baca: China Turun ke Posisi 3 Negara dengan Investasi Terbesar di Indonesia

“Jadi kami lagi gencar melobi pemilik-pemilik dari pabrik mebel. Ada yang pemiliknya dari China dan Taiwan yang memiliki pabrik di China dan akan relokasi,” ujar Kepala BKPM Thomas Lembong di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Menurut Thomas, pemerintah bersaing sengit dengan negara lainnya untuk merayu pemilik pabrik mebel di China mau mendirikan pabrik di Indonesia.

“Jadi, memang kita menghadapi persaingan sengit dengan negara tetangga untuk bisa menggarap relokasi dari pabrik China,” kata Thomas.

Selain imbas perang dagang, lanjut Thomas, saat ini sudah saatnya China memindahkan pabrik industri padat karyanya ke negara lain. Pasalnya, saat ini jumlah tenaga kerja di Negara Tirai Bambu itu kian menipis.

“Ini evolusi struktur ekonomi China memaksa dia untuk melepas atau mengembalikan pabrik padat karya yang 20-25 tahun lalu dia rebut dari Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com