Tahun Ini, Pegadaian Luncurkan Kartu Tabungan Emas Berbunga Rendah

Kompas.com - 01/08/2019, 12:10 WIB
Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam paparannya tentang kinerja perusahaan di Jakarta, Kamis (1/8/2019) Fika Nurul Ulya/KOMPAS.comDirektur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam paparannya tentang kinerja perusahaan di Jakarta, Kamis (1/8/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan, pihaknya berencana meluncurkan kartu tabungan emas (gold card) untuk bertransaksi layaknya kartu debit tahun ini.

"Gold Card ini kita lagi create, bentar lagi keluar. Gold Card bisa berfungsi layaknya kartu debit. Jadi nasabah yang punya tabungan emas di Pegadaian nanti akan punya kartu tersebut untuk bertransaksi di berbagai tempat," kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Karena dikhususkan untuk nasabah yang memiliki tabungan emas di Pegadaian, Kuswiyoto menyebut besaran emas yang nasabah miliki nantinya akan ditransformasikan dalam bentuk rupiah sesuai dengan keinginan nasabah. Adapun nominalnya, tergantung dari harga emas di Pegadaian hari itu.

Baca juga: Semester I 2019, Deposito Emas Pegadaian Tembus 3,1 Ton

"Tabungan emas setiap hari ada harganya di kita. Setiap hari nasabah itu diinfo harga jual dan harga belinya berapa. Dasar penentuan nominalnya seperti itu. Tabungan emas 100 gram setara dengan Rp 65 juta," ujar Kuswiyoto.

Direktur TI dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono menambahkan, saat ini Pegadaian tengah menggodok bentuk kartu Gold Card tersebut dan memproses izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Bentuk kartunya masih diputuskan, berupa virtual chip yang enggak ada bentuk kartunya atau kartu fisik seperti ATM pada umumnya. Kita juga lagi memproses izin ke OJK," kata Teguh.

Baca juga: Garap Pemasaran Produk Bersama, Pegadaian Gandeng 8 BUMN

Terkait biaya administrasi, Teguh menuturkan kemungkinan biaya administrasi akan dikenakan dalam jangka waktu tahunan, bukan per bulan seperti ATM. Namun, dia menjamin besaran bunga akan lebih murah ketimbang kartu kredit.

"Biaya transaksi ada biaya administrasi, tapi sifatnya annual. Saya jamin lebih murah dari kartu kredit. Mau top up emas baru, gadai emas, atau jual emas semua lebih murah dari kartu kredit," ungkap Teguh.

Selain bakal meluncurkan kartu tabungan emas, Pegadaian juga bakal meluncurkan dana talangan untuk umrah atau yang biasa disebut Arrum Umroh. Saat ini, pihaknya tengah melihat animo masyarakat akan sebesar permintaan dana talangan untuk haji atau sebaliknya.

"Tapi Arrum Umroh dan Gold Car ini segera mungkin akan launch," pungkas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X