Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Transportasi Deflasi 0,06 Persen

Kompas.com - 01/08/2019, 13:45 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadinya deflasi sebesar 0,06 persen di sektor transportasi pada Juli 2019.

Salah satu penyumbang deflasi itu ialah harga tiket pesawat. Kebijakan penurunan harga tiket pesawat berbiaya murah di waktu tertentu menyumbang deflasi 0,03 persen.

“Sumbangan deflasi tarif angkutan kota sebesar 0,04 persen, angkutan udara 0,03 persen, tarif kereta api 0,01 persen. Sementara komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi ialah sepeda motor sebesar 0,01 persen,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Suhariyanto menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia juga mengalami kenaikan 9,94 persen pada Juli 2019 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Secara kumulatif (Januari-Juni 2019), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 7,83 juta orang.

“Naik 4,01 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 7,53 kunjungan,” kata Suhariyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com