Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Transportasi Deflasi 0,06 Persen

Kompas.com - 01/08/2019, 13:45 WIB
Ilustrasi tiket pesawat THINKSTOCKIlustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadinya deflasi sebesar 0,06 persen di sektor transportasi pada Juli 2019.

Salah satu penyumbang deflasi itu ialah harga tiket pesawat. Kebijakan penurunan harga tiket pesawat berbiaya murah di waktu tertentu menyumbang deflasi 0,03 persen.

“Sumbangan deflasi tarif angkutan kota sebesar 0,04 persen, angkutan udara 0,03 persen, tarif kereta api 0,01 persen. Sementara komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi ialah sepeda motor sebesar 0,01 persen,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Suhariyanto menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia juga mengalami kenaikan 9,94 persen pada Juli 2019 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Secara kumulatif (Januari-Juni 2019), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 7,83 juta orang.

“Naik 4,01 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 7,53 kunjungan,” kata Suhariyanto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X