KILAS

Kementan Gandeng Kemendes PDTT Revitalisasi Pembangunan Kawasan Ekonomi 4.0

Kompas.com - 01/08/2019, 15:14 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan pihaknya ingin terus meningkatkan kesejahteraan petani-petani yang ada di daerah transmigrasi, Kamis (1/8/2019). Dok. Humas KementanMenteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan pihaknya ingin terus meningkatkan kesejahteraan petani-petani yang ada di daerah transmigrasi, Kamis (1/8/2019).

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian ( Kementan) terus menggalakkan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dengan menyerahkan berbagai bantuan pertanian.

Beberapa bantuan yang diberikan di antaranya benih, bibit, serta perluasan lahan di berbagai daerah Indonesia, khususnya bagi petani di daerah transmigrasi.

Untuk menyukseskan program tersebut, Kementan pun turut bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan pihaknya ingin terus meningkatkan kesejahteraan petani-petani yang ada di daerah transmigrasi.

"Saya kira konsep membangun desa artinya adalah membangun republik ini," ujarnya sesuai rilis yang Kompas.com terima, Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Kementan Fokus Penyediaan Infrastruktur Kebutuhan Lahan Rawa

Selain itu, Kementan dan Kemendes PDTT juga turut merevitalisasi pembangunan kawasan ekonomi 4.0 sebagai upaya menyejahterakan rakyat.

"Kemendes dan Kementan sudah lama membangun sinergi. Sejak awal kami sudah melakukan pendekatan dengan banyak program yang sudah kami canangkan, termasuk membangun embung, meningkatkan produktivitas, dan menyiapkan bibit unggul," tuturnya.

Hasil kerja sama lain yang juga cukup membanggakan, sambung Amran, yakni meningkatnya produk dan ekspor pertanian hingga 500 persen. Peningkatan ini merupakan peningkatan tertinggi di sepanjang sejarah Republik Indonesia.

"Alhamdulillah ekspor kita tertinggi dalam sejarah, ini adalah prestasi dari semua arahan yang diberikan Presiden Jokowi-JK selama empat setengah tahun," katanya.

Transfer keterampilan

Pada kesempatan yang sama, yakni Rapat Koordinasi Transmigrasi, Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya konsep pemerataan ekonomi melalui program transmigrasi yang sesuai dengan perubahan zaman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X