KILAS

Ikuti PKKMB, Mahasiswa Baru Polteknaker Dapat Pembekalan Motivasi dan Mental

Kompas.com - 02/08/2019, 08:45 WIB
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Politeknik Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan (Polteknaker). Dok. Humas KemnakerKegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Politeknik Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan (Polteknaker).

KOMPAS.com - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan aktivitas yang wajib diikuti setiap mahasiswa baru.

Tujuannya tak hanya mengenalkan program-program perkuliahan, tetapi juga turut membimbing mahasiswa baru dalam mengikuti pembelajaran agar hasilnya optimal.

Misalnya kegiatan PKKMB di Politeknik Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan ( Polteknaker).

Di sana, mahasiswa baru bahkan mendapatkan pembekalan motivasi maupun mental dari para pembicara, seperti dari Tentara Republik Indonesia (TNI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Baca juga: Kemnaker Gandeng ILO Ajak Pekerja Terapkan K3 di Era Revolusi Industri 4.0

Staf Ahli Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) Aris Wahyudi pun mengapresiasi Polteknaker dalam pelaksanaan PKKMB ini.

"Ini merupakan langkah antisipasi yang sangat baik agar ke depannya peserta didik ini tidak terkontaminasi dengan radikalisme maupun obat-obatan terlarang," ungkap Aris melalui rilis tertulis, Kamis (1/8/2019).

Selain itu, Aris menyampaikan ada empat tahapan dalam pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai modal bekal untuk menyongsong dunia perkuliahan:

1. Learning to know

Belajar untuk memahami secara mendalam ilmu-ilmu yang bersifat normatif atau teori di dalam perkuliahan.

2. Learning to do

Mengimplementasikan teori yang sudah didapat melalui praktik kerja.

3. Learning to be

Memahami saat ini posisi mahasiswa baru sudah sebagai apa dan juga harus sudah bisa mengubah mindset dan mental.

4. Learning to live together

Belajar bersosialisasi dengan membangun teamwork di lingkungan kampus. 

"Saya berpesan agar mereka bisa berlomba- lomba menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama dan lingkungannya", tutur Aris.

Baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemnaker Hadirkan Pelatihan Bisnis Startup

Aris juga menyampaikan harapannya kepada dosen di lingkungan Polteknaker agar di dalam proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada muatan-muatan normatifnya saja.

"Ke depannya para dosen agar tidak hanya berikan muatan yang sifatnya normatif, melainkan muatan yang nantinya bersifat adaptif supaya para peserta didik siap memasuki pasar kerja," ujar Aris.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X