Jeff Bezos Ingin Majukan Perusahaan Antariksanya

Kompas.com - 02/08/2019, 12:12 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Amazon dan orang terkaya di dunia, Jeff Bezos baru saja menjual saham Amazon senilai 1,8 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 25,5 triliun. 

Rupanya penjualan saham ini untuk mendanai perusahaan antariksanya, Blue Origin, untuk operasi komersial. Dia mengatakan perushaaannya memang akan menjual sekitar 1 miliar dollar AS saham setiap tahun untuk Blue Origin.

"Saya menjual sekitar 1 miliar dollar AS saham setiap tahun untuk mendanai perusahaan antariksa Blue Origin, dan saya berjanji untuk menjual lebih dari 1 miliar dollar AS tahun ini karena Blue Origin semakin dekat dengan operasi komersial," kata Bezos seperti dikutip dari CNN, Jumat (2/8/2019).

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 25,5 Triliun, Untuk Apa?

Bezos juga memiliki harapan tinggi untuk Blue Origin sehingga rela melepas sahamnya sedemikian banyak. Belum lama ini, dia meluncurkan mesin roket baru dan maket pendarat bulan yang digunakan untuk kargo ulang-alik pada bulan Mei.

Bezos juga mengatakan ingin membangun struktur orbital raksasa yang dapat menampung koloni yang bisa hidup mandiri. Pun dia berencana menjual tiket perjalanan bagi pelanggan yang ingin pergi ke luar angkasa.

Meski terus menjual sahamnya untuk rencana yang terkesan gila, Bezos tetap saja masih menduduki posisi orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaannya saat ini telah mencapai 117 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 1.662 triliun.

Baca juga: Menurut Jeff Bezos, Tipe Orang Ini yang Selalu Sukses dalam Bisnis

Bezos mendirikan Blue Origin pada September 2000, sebagai perusahaan rintisan yang mengirim manusia ke luar angkasa. Sudah sejak lama Bezos menaruh minat pada perjalanan ke luar angkasa dan pengembangan kehidupan manusia di tata surya.

Pada tahun 2006, Blue Origin membeli lahan di West Texas sebagai area peluncuran dan pengujian. Kemudian, pada Mei 2013, Bezos bertemu dengan pimpinan Virgin Galactic Richard Branson guna mendiskusikan peluang dan strategi penerbangan ke luar angkasa secara komersial.


 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X