Viral Gaji Rp 8 Juta, Pengguna Medsos "Pamer" Besaran Gaji Pertama

Kompas.com - 02/08/2019, 21:12 WIB
Postingan di twitter yang viral tentang penolakan gaji fresh graduate Rp 8 juta, Kamis (24/7/2019).Dokumen Istimewa Postingan di twitter yang viral tentang penolakan gaji fresh graduate Rp 8 juta, Kamis (24/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini perbincangan ramai soal seorang mahasiswa baru lulus atau fresh graduate menolak gaji Rp 8 juta yang ditawarkan perusahaan lokal.

Unggahan alumnus Universitas Indonesia (UI) lewat Insta Story Instagram itu pun viral dan mendapat beragam komentar netizen.

Perusahaan analisa dan monitoring media, Isentia mencatat setidaknya total ada 8.871 perbincangan media sosial terkait viral unggahan ini.

Dari jumlah tersebut mayoritas netizen meresponsnya dengan menyebut jumlah gaji pertama mereka saat bekerja.

Baca juga: Heboh Tolak Gaji Rp 8 Juta dan Gunung Es Ketenagakerjaan Kita

"Unggahan ini tentunya memancing beragam reaksi dari para netizen. Kebanyakan dari netizen, yakni sebesar 76,2 persen dari seluruh perbincangan, menanggapi dengan berlomba menyebutkan angka gaji pertama mereka," kata Insights Manager Isentia, Rendy Ezra dalam keterangannya diterima Kompas.com, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Rendy menjelaskan, dari tanggapan atau respons tersebut sangat bervariasi dukungan pada isi postingan itu. Ada yang mendukung dan sebaliknya, karena dianggap terlalu jemawa. Pasalnya baru lulus dan dinilai minim pengalaman.

"Sebagian dari netizen, terhitung 11,6 persen, setuju bahwa lulusan universitas bergengsi tersebut bisa mendapatkan gaji yang lebih dari Rp 8 juta. Sementara sisanya, 12,2 persen mengutarakan ketidaksukaan karena dianggap terlalu sombong dan angkuh," tuturnya.

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini Gaji Fresh Graduate Versi BPS

Dia menambahkan, perbincangan yang ditangkap pihaknya didominasi terkait topik gaji pertama. Isentia menganalisa data social listening dan menemukan bahwa sebagian besar netizen atau 52,1 persen ternyata mendapatkan gaji pertama mereka di rentang Rp 1-3 juta.

Kemudian sebesar 44.5 persen mendapat di bawah Rp 1 juta, sekitar 2,7 persen mendapat Rp 3-5 juta, dan sementara hanya 0,7 persen dari netizen yang mendapatkan gaji pertama lebih dari Rp 5 juta.

“Dari hasil data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata gaji Rp 8 juta untuk ukuran fresh graduate itu tergolong wow sekali," ungkap Rendy.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X