Rekor Baru, Festival Indonesia di Moskow Diikuti 1.000 Peserta

Kompas.com - 03/08/2019, 00:45 WIB
Pembukaan festival Indonesia AMRPembukaan festival Indonesia

MOSKOW, KOMPAS.com - Ribuan orang warga Rusia berbondong-bondon mendatangi Festival Indonesia Ke-4 pada Jumat (2/8/2019). Jumlah peserta dari Indonesia sendiri mencapai 1.000 orang yang mengisi 177 booth pameran.

Diperkirakan, hingga acara berakhir pada Minggu (4/8/2019), jumlah pengunjung diperkirakan akan mencapai 140.000 orang.

Event ini digelar di taman Krasnaya Presnya di jantung kota Moskow, Rusia. Peserta festival berasal dari usaha keci dan menengah Indonesia, termasuk perusahaan-perusahaan besar Indonesia yang sudah ekspor.

Festival Indonesia resmi dibuka pada Jumat sore pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.

Wartawan Kompas.com Amir Sodikin dari Moskow melaporkan, acara dibuka dengan pidato dari Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, disaksikan para pejabat pusat dan daerah di Indonesia dan juga pejabat pemerintahan Moskow.

Baca juga: Sultan HB X Jamin Pebisnis Rusia Bisa Investasi Berkesinambungan di Yogyakarta

Wahid mengatakan, festival ini merupakan ajang promosi perdagangan, investasi, pariwisata, dan seni budaya terpadu.

"Festival ini mempromosikan dua negara, Indonesia di Rusia dan Rusia di Indonesia," katanya.

Dampak positif hubungan baik dengan Rusia bisa dilihat dari jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia yang semakin meningkat. "Tahun 2016 ada 68.000 wisatawan, tahun 2018 naik menjadi 125.000 wisatawan Rusia," kata Wahid.

Sebaliknya, kunjungan wisatawan Indonesia ke Rusia juga terus meningkat. Data dari kementerian pariwisata Rusia yang didapat KBRI menyebutkan, tahun 2016 ada 5.000 wisatawan, tahun 2018 meningkat menjadi 31.000 wisatawan Indonesia ke Rusia," kata Wahid.

Festival Indonesia merupakan rangkaian memperingati kemerdekaan Indonesia ke-74. Selain memamerkan berbagai produk andalan berbagai daerah di Indonesia, festival juga menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X