Festival Indonesia di Moskow Bukukan Kontrak Dagang Rp 143 Miliar

Kompas.com - 03/08/2019, 21:03 WIB
Suasana pembukaan booth Provinsi DI Yogyakarta pada ajang Festival Indonesia di Moskow, Jumat (2/8/2019). Acara ini berlangsung hingga 4 Agustus 2019. KOMPAS.com/AMIR SODIKINSuasana pembukaan booth Provinsi DI Yogyakarta pada ajang Festival Indonesia di Moskow, Jumat (2/8/2019). Acara ini berlangsung hingga 4 Agustus 2019.

MOSKOW, KOMPAS.com - Indonesia-Rusia Business Forum, rangkaian dari Festival Indonesia ke-4 di Moskow, membukukan kontrak dagang hampir 10 juta dollar AS atau setara Rp 143 miliar.

Angka itu belum termasuk komitmen investasi sebesar 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 15,6 triliun. Hal tersebut disampaikan Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Wahid Supriyadi, saat membuka Festival Indonesia di Moskow ke-4, Jumat (2/8/2019).

Sehari sebelumnya, forum bisnis dihadiri 700 orang dari kedua negara, dari perkiraan sebelumnya hanya 450 orang.

"Dalam kesempatan itu ditandatangani 14 MoU di lokasi dengan kontrak senilai hampir 10 juta dollar AS. Ada juga komitmen investasi sebesar 1,1 miliar dolar AS," kata Wahid.

Baca juga: Ekspor Kopi Torabika ke Rusia Tembus 1.000 Kontainer

Festival Indonesia di Moskow makin dikenal warga Rusia dan Indonesia.

"Hal yang juga membanggakan adalah kehadiran dari warga Indonesia yang khusus untuk tahun ini jumlahnya semakin meningkat," kata Wahid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak dari Festival Indonesia adalah mempererat terutama hubungan bisnis Indonesia-Rusia. Setelah 3 tahun Dubes Wahid bertugas di Rusia, akhirnya berdiri dua restoran Indonesia di Moskow.

"Dua restoran itu didirikan oleh orang Rusia dan kita menunggu orang Indonesia membuka restoran Indonesia di Rusia untuk pertama kali. Saya sudah dapat janji komitmen dari Pak Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf," kata Wahid.

Baca juga: Rekor Baru, Festival Indonesia di Moskow Diikuti 1.000 Peserta

Dampak hubungan baik membuat waktu tempuh Rusia ke Indonesia makin singkat.

"Sejak Oktober 2018, telah terbang Rossiya Air dari Moskow ke Denpasar dengan jarak tempuh 12 jam 20 menit," kata Wahid.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.