Pasca Listrik Padam, 97 Persen ATM Mandiri Berjalan Normal Hari Ini

Kompas.com - 05/08/2019, 10:31 WIB
Pengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta KONTAN/MURADIPengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (KOMPAS100: BMRI) menyatakan operasional layanan perbankan hari ini, Senin (5/8/2019) berjalan normal.

Coporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, saat sistem PLN mengalami black out yang menyebabkan mati listrik di wilayah banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat pada Minggu (5/8/2019).

Rohan mengatakan, hari ini layanan Bank Mandiri berjalan normal meski di beberapa ATM yang berdiri sendiri sempat mengalami gangguan.

"Semua layanan baik hari ini dan kemarin berjalan normak, kemarin memang beberapa ATM yang berdiri sendiri memang mati karena tidak ada pasokan lsitrik," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com hari ini.

Baca juga: PLN Investigasi Penyebab Pemadaman Listrik

Untuk pelayanan di kantor cabang, Bank Mandiri mengatakan per hari ini berjalan 100 persen normal.  Sementara untuk ATM, 97 persen berjalan normal.

Sebagai catatan, kemarin Minggu (4/8/2019) siang, terjadi pemadaman listrik (black out) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Adapun pemadaman listrik secara serentak hingga malam hari ini terjadi karena sistem di SUTET Ungaran-Pemalang black out.

Black out-nya SUTET Ungaran-Pemalang membuat aliran listrik di dua sirkuit tersebut turun drastis, yang kerap disebut dengan istilah N minus 2. Kemudian, turun drastisnya listrik juga memengaruhi sirkuit Depok-Tasikmalaya, sehingga kejadian ini disebut N minus 3.

Baca juga: Black Out Listrik, Penyebab hingga Dampaknya...

Artinya, terjadi gangguan listrik pada 3 SUTET secara bersamaan. Inilah yang menyebabkan pemadaman serentak terjadi.

"Dua sirkuit yang di atas ini gangguan, nah ketika gangguan mengarah ke N minus 3 tadi tegangan turun akhirnya sirkuitnya terlepas, dan terpisah sistem listrik antara Barat dan Timur. Inilah yang menyebabkan listrik di bagian Barat Mati sementara Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali menyala," jelas Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Raharjo Abumanan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X