Banyak Toko Tutup Dampak Pemadaman Listrik, Alfamart: Harusnya PLN Kasih Peringatan

Kompas.com - 05/08/2019, 14:22 WIB
- --

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pengelola Alfamart merasa terganggu dengan adanya pemadaman listrik serentak di Jabodetabek pada Minggu (4/8/2019).

Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Nur Rachman mengatakan, pihaknya kurang maksimal menghadapi kondisi tersebut karena tak ada pemberitahuan dari PLN.

"Seyogyanya PLN memberi peringatan atau pengumuman terlebih dahulu agar kami bisa mengupayakan cara tetap memberi pelayanan maksimal kepada konsumen," ujar Rachman kepada Kompas.com, Senin (5/8/2019).

Rachman berharap, kejadian ini bisa menjadi evaluasi bagi PLN karena pelaku usaha maupun masyarakat mengalami dampaknya.

Baca juga: Pemadaman Listrik, Operasional Indomaret dan Alfamart Terganggu

Rachman mengatakan, pemadaman tersebut berdampak pada operasional sejumlah kios Alfamart di Jabodetabek dan sekitarnya.

Beberapa kios memang dibekali genset, namun masih ada yang tidak terdapat daya tambahan sama sekali. Hal ini membuat beberapa toko harus tutup lebih awal.

"Kami rasa mungkin istilah kerugian kurang tepat, namun lebih ke terganggunya proses bisnis karena total jam operasional berkurang akibat toko tutup lebih awal," kata Rachman.

Namun, Rachman belum dapat memastikan berapa besar toko yang terdampak maupun estimasi kerugiannya. Yang pasti, kata Rachman, tak hanya bisnis yang terdampak, masyarakat juga kecewa karena tidak terlayani maksimal.

Baca juga: Warga Keluhkan Pemadaman Listrik Bergilir, Ini Kata PLN UP3 Sumedang

"Konsumen juga terganggu kenyamanannya akibat listrik yang padam," kata Rachman.

Sebelumnya diberitakan, pemadaman listrik di sekitar wilayah Jawa terjadi karena adanya gangguan pada transmisi sutet 500kv PLN di Jawa Barat, kemudian gas turbin 1 hingga 6 Suryalata mengalami trip dan gas turbin 7 mengalami off.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menyebut pemadaman bergilir di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih akan berlangsung sampai Senin sore nanti.

Baca juga: Polri Bakal Ikut Investigasi Pemadaman Listrik PLN

Secara persis, wilayah mana saja yang akan dipadamkan secara bergilir, Sripeni juga belum bisa menyampaikan secara detail. Sripeni berharap listrik di seluruh wilayah akan normal kembali pada malam hari nanti.

"Mudah-mudahan nanti malam ya, target itu saya mengharapkan nanti pukul 16.00 WIB ada dua unit PLTU akan masuk, jadi kira-kira 1.000 MW. Lalu PLTU-PLTU lainnya yang kapasitas 300 MW akan masuk juga, tetapi agak menjelang malam," kata dia.

Baca juga: Warga Keluhkan Pemadaman Listrik Bergilir, Ini Kata PLN UP3 Sumedang

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X