Usai Pemadaman Listrik, Layanan Bank Mandiri Sudah Normal 100 Persen

Kompas.com - 05/08/2019, 19:08 WIB
Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi (kedua kiri) saat memaparkan acara Mandiri Wealth Manajemen di Jakarta, Senin (5/8/2019). FIKA NURUL ULYADirektur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi (kedua kiri) saat memaparkan acara Mandiri Wealth Manajemen di Jakarta, Senin (5/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan hari ini pelayanan Bank Mandiri baik di kantong cabang, mesin ATM, dan mesin EDC 100 persen kembali normal usai pemadaman listrik (black out) Minggu, (4/8/2019).

"Sekarang sudah 100 persen berfungsi semua," ungkap Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Namun, Hery tak memungkiri adanya kendala saat pemadaman listrik terjadi hampir sehari penuh, utamanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC) yang berada di luar jangkauan genset.

Baca juga: Pasca Listrik Padam, 97 Persen ATM Mandiri Berjalan Normal Hari Ini

"Tentunya pasti ada impact, butuh waktu untuk men-switch on listrik ke genset yang ada di gedung-gedung Bank Mandiri. Butuh waktu sekitar 30 second untuk menghubungkan listrik itu," jelas Hery.

"ATM dan EDC juga bermasalah yang stand alone, yang ada di toko-toko yang berdiri sendiri. Tapi kalau di gedung-gedung ATM dan EDC masih berfungsi. Tidak ada kekacauan karena kita punya genset, jadi aman," lanjut Hery.

Sementara untuk mobile banking, Hery mengakui nasabah memang susah mengakses karena beberapa provider turut mengalami gangguan. Namun, dia mengakui pusat data nasabah aman terkendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mbanking kemarin agak susah listrik mati terlalu lama, beberapa provider kan terganggu. Tapi sekarang saya rasa sudah normal semua," ungkap dia.

Baca juga: Pelaku Ritel Mengklaim Rugi hingga Rp 100 Miliar akibat Pemadaman Listrik

Sebelumnya diberitakan, pada Minggu (4/8/2019) siang, terjadi pemadaman listrik (black out) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Adapun pemadaman listrik secara serentak hingga malam hari ini terjadi karena sistem di SUTET Ungaran-Pemalang black out.

Namun, Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani memperkirakan sore ini listrik sudah kembali normal sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.