Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Pemadaman Listrik, Layanan Bank Mandiri Sudah Normal 100 Persen

Kompas.com - 05/08/2019, 19:08 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan hari ini pelayanan Bank Mandiri baik di kantong cabang, mesin ATM, dan mesin EDC 100 persen kembali normal usai pemadaman listrik (black out) Minggu, (4/8/2019).

"Sekarang sudah 100 persen berfungsi semua," ungkap Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Namun, Hery tak memungkiri adanya kendala saat pemadaman listrik terjadi hampir sehari penuh, utamanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC) yang berada di luar jangkauan genset.

Baca juga: Pasca Listrik Padam, 97 Persen ATM Mandiri Berjalan Normal Hari Ini

"Tentunya pasti ada impact, butuh waktu untuk men-switch on listrik ke genset yang ada di gedung-gedung Bank Mandiri. Butuh waktu sekitar 30 second untuk menghubungkan listrik itu," jelas Hery.

"ATM dan EDC juga bermasalah yang stand alone, yang ada di toko-toko yang berdiri sendiri. Tapi kalau di gedung-gedung ATM dan EDC masih berfungsi. Tidak ada kekacauan karena kita punya genset, jadi aman," lanjut Hery.

Sementara untuk mobile banking, Hery mengakui nasabah memang susah mengakses karena beberapa provider turut mengalami gangguan. Namun, dia mengakui pusat data nasabah aman terkendali.

"Mbanking kemarin agak susah listrik mati terlalu lama, beberapa provider kan terganggu. Tapi sekarang saya rasa sudah normal semua," ungkap dia.

Baca juga: Pelaku Ritel Mengklaim Rugi hingga Rp 100 Miliar akibat Pemadaman Listrik

Sebelumnya diberitakan, pada Minggu (4/8/2019) siang, terjadi pemadaman listrik (black out) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Adapun pemadaman listrik secara serentak hingga malam hari ini terjadi karena sistem di SUTET Ungaran-Pemalang black out.

Namun, Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani memperkirakan sore ini listrik sudah kembali normal sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com