BI Distribusikan Uang Rupiah ke Pulau-pulau Perbatasan Kepri

Kompas.com - 07/08/2019, 08:27 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Bank Indonesia kembali mendistribusikan uang ke daerah atau pulau terdepan, terluar dan terpencil (3T) yang ada di Kepulauan Riau (Kepri).

Ini merupakan kegiatan ke-6 di tahun 2019 dalam program kas keliling.  

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Rupiah (DPUR) BI, Hendrawan mengatakan selama 2019, kegiatan ini akan dilakukan sebanyak 15 kali.

Untuk kegiatan ke 5 hingga 13, dilakukan di 6 pulau di pulau terdepan, seperti pulau Jemaja dan pulau Siantan Kabupaten Anambas.

Pulau Midai, Subi Besar dan serasan Kabupaten Natuna serta pulau Tambelan Kabupaten Bintan.

"Mudah-mudahan uang yang kami sebar ini terserap semua ke masyarakat," kata Hendrawan melalui telepon, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menarik uang-uang lusuh dari masyarakat. Sekaligus memperkuat identitas ekonomi Indonesia di wilayah perbatasan, untuk meminimalisir transaksi dengan mata uang asing (negara tetangga).

"Untuk menyukseskan kegiatan ini, kami juga bekerjasama dengan TNI AL dalam upaya kas keliling," jelasnya.

Untuk mengganti uang lusuh yang ada di pulau-pulau terdepan, BI Kepri membawa atau menyiapkan uang tunai baru sekitar Rp 4 miliar-Rp 5 milyar untuk ke-6 pulau tersebut.

Nantinya juga akan dilakukan sosialisasi mengenai keaslian uang rupiah, dan mengajarkan bagaimana cara memperlakukan uang, memberikan bantuan sumbangan kepada masyarakat setempat dalam rangka program sosial BI.

"Rupiah juga dapat menjadi aspek kedaulatan bangsa kita dan BI berkewajiban untuk mendistribusikan alat pembayaran yang sah ke seluruh daerah. Dan kita memang upayakan bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, terutama pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan negara-negara lain," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.