Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wijaya Karya Bidik Proyek Infrastruktur Negara-negara Afrika

Kompas.com - 07/08/2019, 13:39 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menjadi pilihan utama dan diminati negara-negara di Afrika untuk menjadi kontraktor proyek pembangun infrastruktur di sana.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan, sejumlah negara Afrika telah menyatakan minat untuk memakai jasa WIKA guna menggarap berbagai proyek infrastruktur.

Namun, WIKA tidak akan menerima semua tawaran pengerjaan proyek di Afrika karena ada kriteria yang ditentukan perusahaan.

"Banyak tawaran pekerjaan di Afrika. Mulai dari Zanzibar, Madagaskar, Pantai Gading, Senegal, hingga Rwanda," kata Mahendra di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Wijaya Karya Jajaki Proyek di Myanmar

WIKA akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum mengambil tawaran proyek infrastruktur yang disodorkan. Misalnya, kemampuan dana yang dimiliki negara, potensi keuntungan yang diperoleh jika menggarap proyek, dan hal lainnya.

"Memilih tawaran ini sama seperti kalau (perempuan), didekatin sama cowok boleh pilih. Yang ganteng, kemudian yang kaya," ungkapnya memberi contoh.

Baca juga: Garap Istana Kepresidenan Niger, WIKA Lirik Proyek di Negara Afrika Lainnya

Dia mengungkapkan, pemilihan proyek dari negara-negara Afrika itu dilakukan karena risiko mengerjakan proyek infrastruktur terbilang tinggi jika dibandingkan di dalam negeri. Apalagifaktor keamanan negaranya juga jadi pertimbangan penting.

"Yang disasar itu infrastruktur jalan, pelabuhan, ada apartemen. Potensi di Afrika itu nilainya besar," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com