Rupiah Rentan Terpengaruh Faktor Global, BI Imbau Investor Tak Panik

Kompas.com - 07/08/2019, 15:05 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah di pasar spot Bloomberg pada perdagangan hari ini, Rabu (7/8/2019) terpantau berada di kisaran Rp 14.241 per dollar AS.

Rupiah menguat 35,5 poin atau 0,25 persen dibanding penutupan kemarin yang berada di kisaran Rp 14.276 per dollar AS.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyampaikan, bank sentral bakal mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif. Sebab, menurut dia, nilai tukar rupiah masih sangat rentan terhadap perekonomian global.

"Artinya dari BI kita akan terus mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif sebab dengan adanya goncangan di global pasti akan mempengaruhi stabilitas sistem keuangan," ujar dia di Jakarta, Rabu siang.

Baca juga: BI Siap Hadapi Dampak Potensial Pelemahan Yuan terhadap Rupiah

Sebelumnya kemarin, rupiah sempat menyentuh level Rp 14.315 per dollar AS.

Hal tersebut disebabkan, investor melakukan aksi fly to quality setelah bank sentral China memutuskan untuk mendepresiasi mata uang yuan terhadap dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Destry mengatakan, gejolak pergerakan rupiah hanya bersifat sesaat. Untuk itu, dirinya mengimbau pelaku pasar untuk tidak panik menghadapi gejolak pasar.

"Ini kalau kita bisa menjaga stabilitas makro, kita tidak perlu panik. Market tidak perlu panik karena biasanya guncangan sifatnya sesaat," ujar dia.

Adapun dia menegaskan, BI akan tetap berada di pasar untuk mewaspadai pergerakan dan ketidakstabilan yang terjadi di sektor keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.